Longsor Dibersihkan, Jalur Malalak Kembali Lancar

 Akses  jalan ke Bukittinggi via  Malalak yang kembali lancar setelah jalan dibersihkan


AGAM-Ruas Utama Padang-Bukittinggi masih terputus setelah galodi menghantam jalan di Lembah Anai. Sekarang ada tiga alternatif yang bisa digunakan. Salah satunya adalah ruas Padang-Lubuk Basung dan Maninjau.

Ruas ini melewati kelok 44. Kalau dari Padang, harus melintasi tanjakan panjang dan berliku-liku tikungannya.

Ruas selanjutnya via Malalak. Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Sumbar, Era Sukma Munaf menyebut pengerjaan pembersihan material lonsor di ruas jalan Malalak tuntas. Jalur tersebut sudah bisa kembali dilalui secara normal.

"Kemaren proses pembersihan material masih berlansung, sehingga skema buka tutup diberlakukan. Sekarang sudah tuntas dan sudah normal," ucap Era Sukma di Agam, Selasa (14/5/2024).

Sebelumnya, jalur Malalak tersebut sempat terputus akibat longsor, Sabtu (11/5/2024). Berhubung jalur tersebut merupakan alternatif utama pengganti jalur Padang-Bukittinggi yang amblas di kawasan Lembah Anai, maka pengerjaannya langsung dikebut.

Jalur ketiga yang bis digunakan adalah melewati Solok, tetapi harus memutar, sehingga secara jarak dan waktu tempuh menjadi lebih lama. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama