Warga Air Manis dan Bukit Gado-gado Harus Menerima Manfaat Pariwisata

loading...


Liputankini.com-Pemandangan indah dari Bukit Gado-gado Kota Padang merupakan potensi yang bagus untuk peningkatan perekonomian masyarakat setempat. Hal itu diungkapkan Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy saat bersilaturahmi dengan warga RW II Kelurahan Bukit Gado-gado Kecamatan Padang Selatan, Selasa 9 April 2019.


"Daerah ini bagus untuk dikembangkan wisatanya lebih lanjut. Waktu saya di DPRD Sumbar, jalan Batang Arau menuju Air Manis direncanakan untuk membuka akses ke daerah-daerah wisata di Bukit Siti Nurbaya hingga Pantai Air Manis. Pertimbangannya ada objek wisata legendaris yang dikenal hingga mancanegara dan efek ekonomi," ujar Pimpinan DPRD 2004-2014 itu.


Menurut Leonardy, kemajuan bagi Kelurahan Batang Arau, Kelurahan Bukit Gado-gado dan Kelurahan Air Manis sudah terpikirkan sejak 2008. Ini menyikapi perjuangan gigih anak nagari Air Manis. Adrianto namanya. Dia ceritakan kondisi Air Manis saat itu berikut potensi-potensi yang bakal tumbuh bak cendawan jika jalan dari Batang Arau ke Air Manis terbuka.


"Ini kita sikapi dengan baik lantaran melihat kecintaan anak nagari terhadap nagarinya. Ada visi jauh ke depan yang dia kemukakan bagi masyarakatnya," ujarnya tegas.


Kini, ke Air Manis ada tawaran baru untuk menikmati alamnya. Jalan setapak yang dulu dipakai ke Air Manis, banyak yang memanfaatkannya untuk jalur tracking. Bahkan sejumlah kenalan Leonardy yang bertemu saat berolahraga melewati jalan itu.menyebutkan bahwa dirinya berolahraga jalan kaki di sana empat kali dalam seminggu. 


Untuk berolahraga saja sudah banyak yang melewati RW II Kelurahan Bukit Gado-gado, apalagi 

jika jalan bisa dimasuki mobil hingga puncak dan bermunculan pula spot-spot wisata unggulan.


"Jika sudah seperti ini, ekonomi masyarakat pasti tumbuh karena mereka bisa buka usaha kuliner, kedai minum dan lainnya. Syaratnya kita ramaikan dulu daerah ini dengan mempermudah akses ke puncak, jalan dilebarkan," ungkapnya.


Leonardy menunjukkan caranya agar pelebaran cepat terwujud yaitu dengan pembebasan tanah tanpa ganti rugi. Tanah satu meter kiri dan kanan jalan beton saat ini diserahkan untuk proyek. Jika tanpa ganti rugi, biasanya jalan lebih cepat dibangun. Jika pakai ganti rugi.dan terkendala, bisa saja jalan itu tidak jadi diperlebar.


Sepintas warga yang terkena pelebaran jalan menuju puncak Bukit Gado-gado akan dirugikan oleh kegiatan pembangunan tersebut.Tapi yakinlah, dengan lancarnya lalu lintas melalui daerah ini, harga tanah akan meningkat drastis. Jika dihitung ulang, peningkatan nilai tanah setelah dilebarkan akan mengalahkan kerugian tanah akibat diserahkan untuk jalan.


Ketua LPM Bukit Gado-gado menyebutkan banyak spot menarik di bukit gado-gado ini. Potensi wisata ini berdambak bagus bagi perekonomian masyarakat.


Terkait harga tanah di sana, diinfokannya Rp50.00 per meter persegi. Dia optimis harga tanah pasti melambung jika ke wilayah ini ada jalan yang bagus sebagaimana yang dirasakan masyarakat sepanjang jalur Batang Arau ke Air Manis.


Dia berharap agar Senator Leonardy mau memfasilitasi agar jalan setapak ini bisa dilalui mobil.


Harapan yang sama datang dari perwakilan warga Air Manis. Mereka ingin, objek wisata Pantai Air Manis dengan Batu Malin Kundangnya mendapatkan program dan kegiatan untuk menyokong pengembangan wisata daerah itu. 


Leonardy diharapkan untuk memfasilitasi perbaikan jalan ke Batu Malin Kundang. Begitu juga sarana dan prasarana pendukungnya. Perbaikan jalan serta sarana dan prasarana diyakini bisa makin meningkatkan kunjungan ke sana. 


Mereka ingin masyarakat sekitar objek wisata mendapatkan pemberdayaan agar bisa pula memberikan pelayanan dan   menikmati tingkat kunjungan wisatawan ke daerah mereka.  (*)






 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama