Mahfud MD Tegur Pihak SMPN 1 Turi


  • Tragedi Susur Sungai SMPN di Sleman







Menko Polhukam Mahfud MD mengunjungi keluarga siswa yang menjadi korban tenggelam di Sungai Sempor, Sleman, Yogyakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/2/2020). (ist)
YOGYAKARTA, MJ News - Kegiatan susur sungai yang dilakukan SMPN 1 Turi, Sleman, Yogyakarta, pada Jumat (20/2/2020) sore, berujung dengan petaka. Pasalnya, akibat kegiatan susur sungai itu menyebabkan sejumlah siswa tewas dan beberapa di antaranya hingga saat ini belum ditemukan.

Menyikapi musibah tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengingatkan pihak sekolah untuk lebih berhati-hati dan menjadikan peristiwa naas ini sebagai pelajaran berharga.

"Kalau cuacanya tidak memungkinkan, lebih baik jangan berspekulasi," kata Mahfud.

Dalam kunjungannya di Yogyakarta itu, Mahfud mengaku turut berduka dengan tewasnya sejumlah siswa yang mengikuti kegiatan susur sungai tersebut. Selain menyampaikan belasungkawa, Ia juga memberikan tali asih kepada keluarga korban.

"Atas nama pemerintah, saya menyampaikan turut berduka cita sebesar-besarnya," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, 8 siswa dinyatakan tewas dalam kegiatan susur sungai di Sungai Sempor, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta tersebut. Sedangkan dua siswa yang hilang, hingga saat ini masih dilakukan proses pencarian oleh tim SAR.

Adapun, identitas korban yang berhasil ditemukan dalam kondisi tewas tersebut atas nama Sovie Aulia, Arisma Rahmawati, Nur Azizah, Lathifa Zulfaa, Khoirunnisa Nurcahyani Sukmaningdyah, Evieta Putri Larasati, Faneza Dida, Nadine Fadilah.

Untuk melakukan upaya pencarian korban, tim gabungan yang terdiri dari 45 lembaga diketahui juga ikut terjun ke lapangan untuk membantu evakuasi.

Puluhan lembaga tersebut antara lain BPBD, Basarnas, PMI, TNI, Polri, Dinsos, Tagana, SAR DIY, Dinkes, Rescue 920, Code X, PITU Rescue, GBS, IOF, Bahari, MDMC, SAR Linmas, Sembada Rescue, SAR MTA, PRB Mlati, Ramagama, Pendaki Indonesia, SAR Cangkringan, Banops DIY, Bala SAR, SKB, AMC, Restam, KRI, Kokam Turi, SAR Semesta, Destana, Guruh Merapi, Rescue 328, Kompas, LSC, Mapala Satu Bumi, Mahaguru, Bagana Banser, TRC Gamping, komunitas relawan.

Penanganan darurat juga dibantu oleh warga setempat. (*/kps)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama