Walikota Sawahlunto Tampung Aspirasi Pedagang

loading...


SAWAHLUNTO, MJ News. Sesuai dengan janji kampanyenya, Wako Deri Asta, SH dan Wawako Zohirin Sayuti, SE meninjau dan berdialog langsung dengan para pedagang pasar Sawahlunto guna memecahkan sejumlah permasalahan yang menjadi kendala bagi para pedagang di Pasar Kota Sawahlunto.

Dengan turun langsung kepedagang, pemimpin ‘ Kota Arang ‘ ini bisa memperoleh informasi lebih lengkap terkait permasalahan pasar untuk menentukan kebijakan yang lebih baik dan berpihak pada para pedagang.

Deri Asta dan Zohirin Sayuti turun langsung kepasar saat hari pasar Sawahlunto, Rabu (16/1/2020). keduanya juga didampingi Ketua DPRD Kota Sawahlunto Adi Iktibar, SH. Sebelum turun langsung ke pasar tersebut, Walikota Deri Asta dan Wakil Walikota Zohirin Sayuti sudah melakukan pembahasan adanya berbagai kendala di pasar itu dalam tiga kali rapat terbatas dengan Dinas terkait. Namun, sebelum kebijakan diputuskan, Deri - Zohirin berkomitmen untuk terlebih dahulu mendengar aspirasi langsung dari para pedagang, bukan hanya laporan dari Dinas terkait.

Deri dan Zohirin sebelum menemui para perwakilan pedagang kuliner di terminal, terlebih dahulu meninjau kondisi terkini lantai 3 pasar ‘Kota Arang’ yang sekarang dalam keadaan kosong. Dimana, dalam beberapa bulan ke depan akan ada pengusaha yang meninjau lokasi itu untuk dibangun kawasan bermain anak atau semacam ‘Time Zone’. Sehingga lantai 3 ini tidak kosong, malahan dapat meningkatkan kunjungan ke pasar.

Beberapa persoalan dan kendala yang dihadapi para pedagang terungkap saat dialog digelar, diantaranya kalau hujan turun kawasan terminal sering kebanjiran, ditambah lagi dengan tidak adanya sarana toilet atau WC yang representative.

Tidak itu saja, para pedagang yang berjualan sejak Maghrib sampai malam hari itu mengadukan adanya kisruh internal antara mereka terkait pengumpulan iuran untuk membayar biaya token listrik untuk operasional mereka berdagang. Kisruh ini timbul dikarenakan ada sejumlah pedagang tersebut yang tidak bersedia membayar iuran.

Walikota Deri Asta yang menerima aduan dan saran - saran itu, menyambut dengan ramah dan terbuka. Beberapa kali Walikota nan murah senyum itu kembali bertanya kepada para pedagang untuk mendapatkan keterangan lebih lengkap.

Deri Asta dihadapan perwakilan pedagang tidak menampik adanya penurunan daya beli. Namun sebutnya, penurunan daya beli hanya disebabkan beberapa factor.

“Penurunan daya beli ini mungkin disebabkan beberapa factor , bisa saja penyebabnya perekonomian masyarakat saat ini memang menurun juga. Factor lainnya bisa saja efisiensi transportasi, seperti sekarang sudah ada pedagang yang pakai mobil dan motor mendatangi langsung konsumen kerumah- rumah”, sebutnya.

Ditambah lagi kata Deri Asta, dengan menjamurnya perkembangan jual beli secara online ikut mempengaruhi daya beli di pasar-pasar. “Perkembangan IT berpengaruh juga ke pasar konvensional. Para milenial sekarang kan lebih cenderung belanjanya online. Sehingga untuk produk di pasar konvensional ya mulai berat persaingannya”, kata Deri.

Usai berdialog, Wako Deri Asta dan Wawako Zohirin Sayuti bersama Ketua DPRD Adi Ikhtibar kemudian mengelilingi pasar Sawahlunto. Semua blok di Pasar itu dikelilingi oleh kedua pemimpin ‘Kota Arang’.

Sementara itu, Ketua DPRD, Adi Ikhtibar mengapresiasi tindakan kunjungan lapangan Walikota dan Wakil Walikota tersebut. Dikatakan Adi, hal itu menjadi wujud nyata keseriusan Deri - Zohirin memperbaiki perekonomian masyarakat, dimana keberadaan pasar memegang peranan penting.

Kunjungan Deri - Zohirin itu juga mendapatkan antusiasme dari para pedagang. Dikatakan mereka, sangat senang bisa mengadukan langsung kendala dan saran - saran mereka pada Walikota dan Wakil Walikota. (Humas)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama