Pemuda Mudik Air, Kota Sawahlunto Sukses Budidayakan Ikan Nila Sistem Bioflok


mjnews.id - Pemuda Mudik Air, Kelurahan Kubang Sirakuk Utara, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat dengan Kelompok Sisiak Wangi, sukses dengan budidaya ikan Nila sistem bioflok.

Ketua Kelompok Sisiak Wangi Dwi Fandi mengatakan, Ide berusaha budidaya iklan nila, mereka dapat dari YouTube. “ makanya , dengan bersama kawan- kawan kami bisa mewujudkannya”, kata Dwi Fandi. Selasa (24/3/2020).

Dwi Fandi kembali menjelaskan, usaha budidaya dengan sistem bioflok dimulai sejak Maret 2019. Hingga kini kelompok peternak ikan Sisiak Wangi yang punya 10 anggota ini sudah dua kali panen.

Sementara Walikota Sawahlunto Deri Asta yang melihat usaha ternak ikan kelompok itu, meyakini menjadi pilot projek berhasil karena digerakkan anak muda yang punya motivasi.

Deri menyebutkan, ternak ikan dengan sistem bioflok hasilnya jauh lebih bagus, mutu ikan lebih baik dan otomatis memberi efek pada harga. Secara ekonomis memberikan keuntungan di waktu yang sangat cepat.

“Tugas kita selanjutnya, mengawal dan mengintervensi agar kelompok ini berjalan baik,”sebut Deri.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sawahlunto, Lelis Eplienti menuturkan , kelompok ini sudah sejak awal didampingi penyuluh pertanian lapangan. Dimulai membentuk kelompok, cara pemeliharaan hingga panen.

“Ke depan, kita tetap memperhatikan kelompok ini sehingga mereka tetap bekerjasama selalu. Secara berkelompok kita lebih mudah memberi pembinaan, termasuk persoalan yang dihadapi mereka,” tutur Lelis. (hms)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama