Virus Corona Merebak, Beberapa Iven Wisata Padang Ditunda

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian.

Padang, MJ News - Akibat merebaknya virus corona membuat beberapa agenda iven pariwisata ditunda, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Iven pariwisata yang ditunda tersebut Bak Cang Lamang Baluwo yang dilaksanakan 3-5 April 2020 di Batang Arau, Lomba Selaju Sampan 3-5 April 2020 di Batang Arau, Mayor Padang City ASEAN CUP Gulat yang dilaksanakan 11-13 April 2020 di GOR H. Agus Salim.

Kepala Dinas Pariwisata, Arfian di Padang, Kamis (19/3/2020), menjelaskan, penundaan itu berdasarkan Surat Gubernur.

Kendati demikian, objek-objek wisata di Padang masih tetap dibuka seperti biasanya. Turunnya tingkat kunjungan wisatawan pada Januari hingga Maret bukan karena virus corona namun karena pada periode tersebut terjadi musim low season di Indonesia. Kondisi normal akan terjadi pada awal April tahun ini.

“Penundaan kegiatan itu memang membuat PAD dari sektor pariwisata tak masuk pada bulan tersebut dan beralih pada bulan lain saat mulai dilaksanakan iven tersebut. Kita berharap persoalan virus corona ini bisa cepat teratasi dan iven pariwisata bisa berjalan sesuai agenda yang telah ditetapkan,” ujar Arfian.

Kendati demikian, untuk agenda lain Dinas Pariwisata tetap mempersiapkan secara maksimal terutama di objek wisata Pantai Air Manis. Di pantai tersebut, para pengunjung dibuat bagaimana lebih aman dan nyaman saat berwisata.

Tak heran, Dinas Pariwisata telah melatih 40 orang Badan Penyelamat Wisata (Balawista) yang ditempatkan di Pantai Air Manis dan Pantai Padang nantinya. Berbagai kegiatan seni tradisional pun sudah disiapkan untuk mengisi liburan lebaran tersebut di Pantai Air Manis.

Karcis masuk di Objek Wisata Pantai Air Manis sudah diganti dengan pembayaran non tunai memanfaatkan kartu BRIzzi dari Bank BRI dan Bank Nagari. Lalu, pada awal April mendatang bakal ditambah dengan Bank Mega Syariah.

Untuk tiket masuk bagi orang dewasa tarifnya Rp10 ribu dan anak-anak Rp5 ribu. Lalu, untuk parkir mobil Rp4 ribu, sepeda motor Rp2 ribu yang dibayar saat mau masuk objek wisata tersebut. (rel)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama