Pasien Positif Covid-19 di RSAM Bukittinggi Bertambah

Walinagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Zul Arfin Dt. Parpatiah, Kamis (2/4/2020) melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) di Medan Nan Bapaneh di depan kantor walinagari setempat, membahas penanggulangan wabah virus corona-19 sekaligus evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan. (ist)

mjnews.id - Pasien positif yang dirawat di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi bertambah menjadi enam orang. Penambahan itu setelah hasil lab swab satu pasien lagi dinyatakan positif covid 19.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Yandra Ferry, di rumah dinas Walikota Belakang Balok, Kamis (2/4/2020), membenarkan ada penambahan pasien yang positif covid di RSAM Bukittinggi dari yang sebelumnya berjumlah lima orang menjadi enam.

“Dari hasil laboratorium uji swab pasien yang dikeluarkan Unand Padang, Rabu (1/4/2020) malam, satu lagi pasien yang dirawat di RSAM Bukittinggi dinyatakan positif covid-19, sehingga total pasien yang positif covid 19 yang dirawat di RSAM, menjadi enam,” ujar Ramlan.

Ia mengatakan, satu orang pasien yang baru dinyatakan positif itu merupakan warga Bukittinggi dengan jenis kelamin laki-laki.

Pasien memiliki riwayat perjalanan dari Malaysia. Dari informasi yang diterima, ada 93 Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang diketahui kontak langsung dengan pasien yang baru dinyatakan positif covid-19 tersebut.

“Saat ini tim dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) telah menghubungi 93 ODP yang kontak langsung dengan pasien. DKK telah meminta agar ODP ini tidak keluar rumah dan diperiksa kesehatannya. Sedangkan 1 orang pasien yang baru dinyatakan positif tersebut, saat ini sudah diisolasi di RSAM Bukittinggi,” kata Ramlan.

Menurutnya, pemerintah daerah akan terus memberikan informasi terkait perkembangan covid-19 di Bukittinggi. Hal ini penting dilakukan agar masyarakat dapat mengetahuinya dan lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.

Dengan bertambahnya satu lagi pasien yang dinyatakan positif covid-19, maka total pasien yang telah positif di Sumbar ada 12 orang, 6 orang dirawat di RSAM Bukittinggi dan 6 orang lagi dirawat di RS. M. Djamil Padang.

Dari 6 pasien positif yang dirawat di RSAM, 3 orang pasien merupakan warga Bukittinggi.

Informasi adanya penambahan pasien positif covid 19 di RSAM Bukittinggi juga dibenarkan oleh Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid 19 RSAM Bukittinggi, Deddy Herman saat dikonfirmasi, Kamis (2/4/2020).

Menurut Deddy, pasien yang baru dinyatakan positif covid itu merupakan suami dari salah satu pasien covid 19 yang sedang dirawat di RSAM Bukittinggi.

Dijelaskannya, pasien tersebut sebelumnya memang mempunyai riwayat perjalanan dari luar negeri mengikuti tablig akbar di Malaysia beberapa waktu lalu.

Karena istri dari pasien itu sebelumnya sudah dinyatakan positif covid 19, maka suami dan tiga orang anaknya juga dirawat di ruangan isolasi RSAM Bukittinggi,” katanya.

Selain dirawat, suami dan tiga orang anaknya juga telah diambil sampel swabnya dan dikirimkan ke Laboratorium Unand.

Hasil swab dari suami pasien itu telah diterima oleh RSAM Bukittinggi dan dinyatakan positif. Sedangkan tiga anaknya hasil tes pertama negatif dan hasil tes ketua belum keluar.

Dengan hasil itu, hingga saat ini sudah ada 6 pasien positif covid-19 yang ditangani oleh RSAM Bukittinggi itu dengan rincian tiga warga Bukittinggi, dua warga Padang dan satu warga Batusangkar.

Dari jumlah itu hanya tiga pasien yang positif dan menjalani perawatan di ruang isolasi di RSAM Bukittinggi. Sebab, dua pasien sudah pulang karena dua kali hasil tes swabnya negatif tapi mereka tetap dalam pemantauan tim kesehatan dan yang bersangkutan wajib melakukan isolasi secara mandiri di rumah. Sedangkan satu pasien hasil tes swab pertama sudah dinyatakan negatif dan menunggu hasil tes awab yang kedua. (*/eds)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama