Riza Patria Terpilih Jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta

loading...

Wagub DKI Jakarta yang baru terpilih, Ahmad Riza Patria.

mjnews.id - Partai Gerindra begitu gembira karena wakilnya, Ahmad Riza Patria, terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Gerindra menyebut kemenangan Riza adalah kemenangan warga Jakarta.

"Kami merasa berbahagia karena kader kami ada yang menang dalam pemilihan wagub dan kemenangan ini bukan kemenangan Gerindra, tetapi kemenangan dari masyarakat DKI Jakarta," kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangannya, Senin (6/4/2020).

Dasco mengapresiasi DPRD DKI Jakarta yang telah menyelesaikan proses pemilihan Wagub DKI. Dasco berharap DPRD dan Pemprov DKI langsung bekerja lagi menangani virus Corona seusai pemilihan wagub ini.

Wakil Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra ikut-ikutan mempermasalahkan validasi rekaman yang dijadikan bukti. Dasco menepisnya dan berdalih itu sudah sesuai aturan.

"Selanjutnya kita akan minta kepada DPRD untuk terus melakukan kewajibannya, antara lain menyelenggarakan rapat paripurna tentang pertanggungjawaban gubernur tentang realokasi anggaran Pemda DKI untuk penanganan Corona," ucap Dasco.

"Yang kedua kami berharap dengan adanya wagub dapat bisa membantu gubernur sekuat tenaga dan semaksimalnya untuk memerangi Corona di DKI Jakarta sebagai salah satu daerah yang paling besar mendapatkan musibah Corona ini," imbuh dia.

Dascor berharap Ahmad Riza Patria segera dilantik dan langsung bekerja di Balai Kota DKI.

Ahmad Riza Patria terpilih menjadi Wagub DKI Jakarta dalam rapat paripurna DPRD DKI di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (6/4/2020) siang. Riza mengantongi suara mayoritas, yaitu 81 dukungan dari 100 anggota Dewan yang hadir.

Anies Yakin Bisa Kerja Sama

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada Ahmad Riza Patria (A Riza) yang terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Anies berharap, A Riza segera dilantik oleh Presiden Jokow Widodo (Jokowi).

"Kepada wagub terpilih Bapak Riza Patria saya ucapkan selamat. Insyaallah nanti kita akan bisa bekerja sama dengan baik. Saya berharap nanti proses berikutnya bisa tuntas dan terus bisa mulai bekerja," ucap Anies kepada wartawan, Senin (6/4/2020).

Anies belum mengetahui kapan Jokowi akan melangsungkan pelantikan. Ada beberapa proses yang harus dilewati sebelum akhirnya dilantik.

"Belum tahu. Jadi, berdasarkan PP 12 tahun 2018, proses ini dilanjutkan dengan pengusulan kepada presiden melalui mendagri dan sesudah itu baru kemudian pelantikan," kata Anies.

Anies menilai, proses pemilihan yang memakan waktu lebih dari satu tahun itu sudah sudah sesuai dengan peraturan. Sehingga, bisa dipertanggungjawabkan.

"Pokoknya, yang penting dari kita, secara prosedur ditaati dengan benar. Pada akhirnya itulah pegangannya," kata Anies.

Koleksi Mobil Wagub Baru, dari Honda Freed hingga Toyota Vellfire

Ahmad Riza Patria memiliki sejumlah koleksi mobil di garasi rumahnya.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan Riza ke KPK pada 27 Februari 2020/Periodik-2019, ia memiliki total kekayaan senilai Rp 19.055.129.328 (Rp 19 miliar lebih)

Dari total kekayaan tersebut, sekitar Rp 805.000.000 di antaranya berbentuk Alat Transportasi dan Mesin.

Masih menurut laporan itu, Riza memiliki Honda Freed tahun 2015 hasil pembelian sendiri, dengan estimasi harga saat ini Rp 185.000.000. Ia juga memiliki satu unit Toyota Innova 2018, dengan perkiraan harga Rp 320.000.000. Terakhir ada satu unit Toyota Vellfire lansiran 2011, dengan perkiraan harga Rp 300.000.000.

Riza berhasil terpilih menjadi Wagub DKI Jakarta usai menang atas Nurmansjah Lubis dari PKS di Rapat Paripurna (Rapur) Pemilihan Wagub, di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020).
Baca juga: Anies Yakin Bisa Kerja Sama dengan Wagub DKI Terpilih A Riza Patria

Ketua DPP Partai Gerindra itu menang dengan perolehan suara sebanyak 81. Sedangkan Nurmansjah mendapat perolehan suara 17. Suara tidak sah sebanyak 2. (*/eds)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama