Besok, KPU Sumbar Tetapkan Pemenang Pilgub

loading...

Nova Indra




Liputankini.com-Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat  akan menetapkan pemenang pilkada, besok, Jumat (19/2/2021). Mahyeldi-Audy Joinaldy akan ditetapkan jadi pasangan calon terpilih. Penetapan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan sengketa pilgub tak bisa dilanjutkan.


Komisioner KPU Sumbar, Nova Indra kepada liputankini.com mengemukakan, rapat pleno terbuka penetapan calon terpilih dilaksanakan di Padang.  "Paslon yang kita tetapkan, adalah peraih suara terbanyak," kata Nova Indra. 

Dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur lalu, Mahyeldi-Audy Joinaldy mendapatkan 32,43 persen atau 726.853 suara. Nova Indra menambahkan, penetapan pasangan calon dilaksanakan di Hotel Grand Inna, Padang, pukul 09.00.


Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri memastikan pelantikan kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah serentak 2020 dilakukan secara serentak dan bertahap. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, dalam konferensi di Jakarta, Rabu (17/02/2021).


“Kami ingin mengatakan, Undang-undang Nomor 10/2016 tentang Pilkada, mengutamakan semangat keserentakan. Kami memastikan pelantikan nanti kita laksanakan secara serentak dan bertahap,” kata Akmal. (*)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama