Blank Spot Mentawai Jadi Perhatian Gubernur

 

Jasman Rizal




Liputankini.com-Internet masih jadi hal yang luar biasa bagi masyarakat Mentawai. Belum ada signal di sana. Dari empat pulau besar di Kepulauan Mentawai, Sipora, Pagai Selatan, Siberut dan Pagai Utara, hanya Pulau Sipora yang bisa terhubung dengan layanan internet. Itupun, masih banyak kawasan blank spot-nya.


Hal ini jadi salah satu pembahasan yang menjadi perhatian Gubernur Sumatera Barat saat rakorenbang di auditorium gubernuran, Selasa (9/3/2021). Dalam sesi rapat dengan Bupati Kepulauan Mentawai tersebut, Gubernur Mahyeldi menginstruksikan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Jasman untuk menindaklanjuti persoalan jaringan internet di Mentawai.


Sebelumnya, dalam sesi diskusi, Jasman mengutarakan kondisi sarana dan prasarana telekomunikasi untuk Kepulauan Mentawai. Menurut Jasman, jaringan internet di Sipora sebagai satu-satunya pulau yang mendapatkan layanan internet, pun belum optimal. 


Meskipun ada rencana pembangunan fiber optic bawah laut oleh salah satu provider, namun belum ada kepastian kapan akan selesai.


"Maka dari itu, sesuai dengan regulasi terbaru pembangunan tower telekomunikasi, sudah langsung dari kabupaten kota ke kementerian terkait, kita dari provinsi siap memfasilitasi," ujar Jasman. (*)






 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama