Hujan Deras, Tebing Objek Wisata Longsor


Warga melihat tanah longsor di kawasan objek wisata. (yamoni)



NIAS, LIPUTANKINI.COM-Cuaca ekstrim mengakibatkan tanah longsor pada salah satu destinasi wisata batu megalit Gowe Tuada Ho yang terletak di wilayah Desa Lahemo, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Sumatera Utara. 


"Longsor terjadi setelah turun hujan deras pada Selasa (16/3/2021) malam. Tebing wisata Gowe Tuada Ho longsor dengan tiba tiba," Kepala Desa Lahemo, Faahakhododo Waruwu, Rabu (17/3/2021).


Faahakhododo menjelaskan, setelah mendapat informasi dari warga sekitar dan pihaknya turun ke lokasi. "Ternyata tembok penahan dan material longsor menutupi jalan raya. Kami membersihkan lokasi bersama masyarakat," ungkap kepala desa.


Dia mengimbau pengguna jalan dari Kecamatan Gido menuju Kecamatan Ma'u agar waspada dan hati hati bila melewati lokasi tersebut. "Kita berharap kepada pemerintah daerah melalui Kadis Pariwisata Nias supaya lokasi ini diperhatikan dan terlebih lebih pada penataannya. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara hendaknya memberikan perhatian pula guna melestarikan peninggalan bersejarah. Lokasi ini merupakan salah satu destinasi wisata budaya," katanya. (Yamoni)






 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama