Jalan Berdebu, Warga Berharap Solusi

Jalan berdebu dan menimbulkan polusi di  Desa Ononamolo 1 Lot, Gunung Sitoli Selatan. (yamoni)


LIPUTANKINI.COM-Sejumlah warga Desa Ononamolo 1 Lot, persisnya di Jalan Pelud Binaka KM 11,5, Gunungsitoli Selatan, keluhkan jalan berdebu. Penglihatan pengendara terganggu ketika melintas di kawasan itu. Warga lain mengeluh sesak napas. Warga berharap pemerintah kota memberikan solusi atas persoalan tersebut.


Bukan warga sekitar saja yang kurang nyaman. Pengguna jalan nasional dari Gunungsitoli menuju kabupaten Nias Selatan mengeluhkan gangguan pernapasan karena menghirup debu. Debu itu berasal dari bekas tanah yang diangkut dari mobil dump truk yang berasal dari aktivitas galian C .


Warga menyebut, jika kondisi berlarut-larut dampaknya tak baik bagi kesehatan. Terlebih anak-anak akan rentan terserang penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) dan penyakit tuberculosis (TBC). "Kami terganggu," ungkap warga setempat, Sabtu (13/3/2021)


Dia menambahkan, galian tanah itu telah berjalan beberapa minggu.  "Semoga ada perhatian Pemerintah Kota Gunungsitoli, khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan mencari solusi yag menguntungkan semua pihak," kata dia. 


Di tempat yang sama, Faozan Waruwu,  pengendara roda dua mengatakan juga menyatakan terganggu polusi itu. "Kalau begini bisa kecelakaan," katanya. 


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Gunungsitoli Yarniwati Gulo, menyatakan silahkan koordinasi kepada pemerintah desa setempat dan pihak pemerintah kecamatan terkait keluhan masyarakat itu. (Yamoni)







 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama