Alumni Pondok Pesantren Bisa Ikuti Sekolah Kedinasan

 Kepala Rutan Kelas IIB Padangpanjang Rudi Kristiawan menjadi irup di Ponpes Kauman.


LIPUTANKINI.COM-Kepala Rutan kelas II B  Padang Panjang, Rudy Kristiawan, pimpin upacara bendera di     Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, Senin (15/3/2021). 


Selain karena telah dilakukannya kerja sama antar Kauman dengan Rumah Tahanan Padang Panjang (Rupajang), dengan menghadirkan pesantren di rumah tahanan, kehadiran Rudy juga diminta memberi motivasi terhadap santri Ponpes Kauman.


“Mudir Ponpes Kauman meminta saya menjadi komandan, sekaligus agar saya dapat memberikan motivasi terhadap santri Ponpes. Saya menyampaikan pembinaan yang ada di Rupajang. Selain itu, saya juga menyampaikan kiat-kiat, agar bisa melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan,” ucapnya, Selasa (16/03/2021).


Rudy menyampaikan, belajar di pondok pesantren yang memadukan pendidikan agama dengan pendidikan umum dalam lembaga khusus. Nantinya, setelah tamat, bagi mereka yang ingin berkiprah di lembaga pemerintahan, bisa melanjutkan pendidikan ke sekolah kedinasan, seperti IPDN, Akademi Ilmu Pemasyarakatan, sekolah pelayaran dan lain sebagainya. "Tergantung minat dan bakat masing-masing," katanya.


Rudy menyampaikan, kegiatan keagamaan yang menjadi program Rupajang dengan Pondok Pesantren Kauman yang membekali para tahananan dengan pengetahuan agama sebagai modal bagi mereka saat bebas dari masa hukuman nantinya.


Mudir Ponpes Kauman Padang Panjang, Derliana mengatakan, pihak sekolah sengaja mendatangkan kepala rutan tersebut agar bisa memotivasi para santri.


“Kita akan coba menghadirkan tokoh-tokoh lainnya agar para santri lebih termotvasi dan menjadi inspirasi buat mereka. Terlebih, tantangan yang akan mereka hadapi kelak semakin ketat dan mereka butuh keterampilan khusus, agar bisa bersaing di dunia kerja,” tuturnya. (zainal)







 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama