Masalah Lingkungan Jangan Dipandang Sebelah Mata


Wakil Bupati Dharmasraya buka forum konsultasi


LIPUTANKINI.COM-Pemerintah Kabupaten Dharmasraya sedang menyusun RPJMD 2021-2026. Pemerintah membutuhkan dukungan dan masukan dari berbagai pihak. 


Pemerintah kabupaten itu adakan konsultasi publik dalam rangka perumusan rekomendasi kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) di auditorium kantor bupati, Senin (29/3/2021).  Kegiatan dibuka Wakil Bupati DP Datuk Labuan.


Kegiatan itu menghadirkan banyak pihak, di antaranya dinas dari provinsi, seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas ESDM, Balitbang, BWS Sumatera V, serta perangkat daerah Dharmasraya dan undangan lainnya.


Menurut wakil bupati, Dharmasraya tengah menyusun RPJMD 2021-2026. Dalam penyusunan itu diperlukan KLHS, sebagaimana yang diamanatkan Undang-undang 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.


"Penyusunan KLHS merupakan bagian penting yang menjadi dokumen resmi pemerintah yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Kita harus memberikan dukungan secara penuh," ujar wabup.


Hal ini, menurut wabup, penting disampaikan karena banyak upaya pencegahan dan penanggulangan terhadap kerusakan lingkungan, namun laju kerusakan lingkungan di tingkat global justru meningkat. Bahkan, analisis mengenai dampak lingkungan juga kurang mampu mengatasi semua permasalahan tersebut. 


"Masalah lingkungan hidup bersifat lintas batas, lintas sektor, lintas pemangku kepentingan, maka diperlukan kerjasama antar berbagai pihak," tegas wabup.


Dikatakan wakil bupati,  penyusunan RPJMD merupakan kesempatan untuk melakukan penyusunan KLHS yang sistematis, menyeluruh dan partisipatif untuk memastikan prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana, dan atau program. (eko)







 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama