Nagari Ulakan Kian Jadi Rujukan


Rombongan dari Kampar belajar ke Ulakan. 



LIPUTANKINI.COM-Nagari Ulakan semakin jadi percontohan oleh daerah lain. Ulakan menjadi rujukan oleh daerah lain. 


Nagari Ulakan mendapat kunjungan dari daerah dari luar Sumatera Barat. Rombongan yang melakukan studi tiru adalah Desa Pongkai Istiqomah, Kecamatan XIII Koto Kampar, Riau, Kamis (18/3/2021).


Kunjungan ini berawal dari informasi pada pejabat setempat, yang menyebutkan Nagari Ulakan dengan kawasan ekowisata dan edukasi Green Talao Park (GTP) perlu ditiru. Keberhasilan program tidak terlepas dari partisipasi masyarakat yang berkolaborasi Pemerintahan Nagari.


Rombongan tamu terdiri dari Kepala Desa Pongkai Istiqomah, Elvizon Toni beserta perangkat desa, Ketua BPD Pongkai Istiqomah beserta anggota, pendamping desa Melda Piliang, Direktur BUMDes Harapan Negeri Ali Usman beserta anggota, serta niniak mamak, alim ulama dan tokoh masyarakat lainnya.


Rombongan disambut Kabid Pengembangan Kepariwisataan Disparpora Padang Pariaman, Rukmawati yang didampingi Pj. Wali Nagari Ulakan, Irmanto, Ketua Bamus Ulakan, Syahrul Mubarak, Direktur Bumnag Pesisir Ulakan Madani, Ady Kurniawan serta anggota Pokdarwis Green Talao Park.


Wali Nagari Ulakan, Irmanto menyampaikan terima kasih atas kunjungan dunsanak dari Desa Pongkai Istiqomah ke Nagari Ulakan. "Selaku wali nagari dan mewakili masyarakat, saya mengucapkan selamat datang," kata dia.


Rukmawati yang mewakili kepala dinas juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan untuk memilih Nagari Ulakan karena Green Talao Park memang menonjol di sektor pariwisata Padang Pariaman. 


Bak gayung bersambut, Ali Usman selaku Direktur BUMDes Harapan Negeri menyampaikan terima kasih, atas sambutan yang sangat antusias dari Pemerintahan Nagari Ulakan beserta dari Dinas Pariwisata.


Ali Usman mendapat rekomendasi dari DPMD Kampar untuk melakukan studi tiru ke Nagari Ulakan karena kinerja BUMNag Ulakan cukup baik. 


Ketua Bamus Nagari Ulakan, Syahrul Mubarak menjelaskan tentang bagaimana cara bisa memiliki kawasan wisata dan bagaimana peranan pemerintahan nagari serta niniak mamak.


Para tamu disuguhi paparan Direktur Bumnag Pesisir Ulakan Madani Ady Kurniawan, tentang histori dan perjalanan ekowisata dan edukasi GTP menjadi produk andalan dari unit badan usaha milik nagari. (As/aa)









 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama