5.600 Calon Mahasiswa akan Ikuti UTBK Gelombang Kedua


 Rektor Unand, Yuliandri pantau UTBK tahap pertama. (humas)


PADANG-Sebanyak 5.680 calon mahasiswa akan ikuti UTBK gelombang dua yang diadakan Universitas pada 26 April-2 Mei. Sementara pengumuman hasil hasil SBMPTN (gelombang pertama dan kedua) dilaksanakan 14 Juni pukul 15.00.


Ujian tertulis  berbasis komputer tahap pertama telah berakhir, Minggu (18/4/2021). Rektor Unand, Prof. Yuliandri menyebut, UTBK tahap pertama berjalan tanpa kendala. 


Yuliandri mengungkapkan, penerimaan mahasiswa baru (PMB) pada perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia diselenggarakan lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT) salah satunya melalui jalur SBMPTN.


“Pelaksanaan UTBK gelombang pertama di Universitas Andalas secara umum, berjalan dengan lancar, aman dan tertib dengan mengacu kepada standar protokol kesehatan,” katanya.


Dikemukakan rektor, Universitas Andalas pada tahun ini menerima calon mahasiswa melalui jalur SBMPTN ini 40 persen dari daya tampung (6.465 orang), 2.586 orang.


Staf Ahli Rektor Bidang Akademik Syofyan mengatakan, pelaksanaan UTBK gelombang pertama 12 – 18 April yang tiap harinya dibagi atas dua sesi, masing-masing sesi pagi pukul 07.15 sampai dengan 10.30. Sesi siang pukul 13.30 sampai 16.45.


Total peserta yang terdaftar ikut UTBK di Universitas Andalas gelombang pertama 6.974 orang. Jumlah yang hadir 6.594 orang (94,55 persen) sedangkan yang tidak hadir 380 orang (5,45 persen).


Ujian dilaksanakan di sembilan titik lokasi di kampus Limau Manis dan kampus Jati yang tersebar pada 52 ruang ujian atau labor komputer.


Peserta dibagi atas tiga kelompok ujian, kelompok sains dan teknologi (saintek), kelompok sosial dan humaniora (soshum), dan kelompok saintek dan soshum (campuran).


Materi UTBK terdiri atas dua, tes potensi skolastik (TPS) dan tes kompetensi akademik (TKA) yang dilaksanakan dalam dua gelombang. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama