Gubernur Safari Ramadan di Masjid Taqwa


Guberur serahkan dana pembangunan masjid dari pemprov. (humas) 

PASAMAN-Gubernur Mahyeldi Ansharullah bersama rombongan safari ramadan di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Sontang Cubadak, Kecamatan Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman, Minggu (25/4/2021).


Turut Hadir dalam acara tersebut, Bupati Pasaman Benny Utama, Kepala Dinas PUPR Sumbar, Fathol Bari, Kepala Biro Bintal dan Kesra, Syaifullah, Kepala Dinas Sosial Sumbar Jumaidi, Forkopimda Pasaman dan beberapa pejabat dari kabupaten.


Safari ramadan diawali dengan buka puasa bersama dan shalat maghrib di rumah dinas bupati, dilanjutkan dengan tarawih berjemaah sekaligus memberikan ceramah yang diberikan Gubernur Mahyeldi di Masjid Taqwa Muhammadiyah Sontang Cubadak.


Gubernur Mahyeldi mengajak umat Islam meningkatkan ibadah selama ramadan. Ramadan merupakan bulan yang paling mulia dibanding bulan-bulan lainnya. Banyak manfaat yang didapat masyarakat selama menjalankan ibadah puasa.


Menurut Buya Mahyeldi, banyak nilai positif yang didapat masyarakat selama ramadan. Terlebih, hal-hal positif tersebut dapat berimbas kepada semangat kerja.


"Ini semua menghadirkan jiwa yang bangkit dan produktif. Semakin produktif rohani, jasmani juga semakin produktif yang dapat diaplikasikan sebagai bentuk etos kerja yang produktif untuk kemajuan perekonomian, sosial, dan kesehatan," kata Mahyeldi.


Menurut Mahyeldi, mungkin ada yang menyangka, yang paling mulia adalah yang kaya harta, dari golongan konglomerat, yang cantik rupawan, yang punya jabatan tinggi, berasal dari keturunan Arab atau bangsawan. Namun, Allah sendiri menegaskan yang paling mulia adalah yang paling bertakwa.


Mahyeldi memberikan dua pertanyaan kepada anak-anak yang ikut pesantren ramadan di Masjid Taqwa itu. Siapa menjawab pertanyaan diberikan hadiah berupa kain sarung. Setiap pertanyaan dari gubernur, dijawab benar penuh semangat oleh setiap anak. 


Gubernur Mahyeldi mengatakan, pemerintah provinsi siap membantu jalannya pembangunan di Pasaman serta siap mendukung terobosan yang dibuat bupati. Salah satunya, dalam waktu dekat akan dibangun jalan Pasaman ke Suliki tembus ke Riau.


Bupati Benny Utama merasa bersyukur atas kehadiran gubernur untuk pertama kali di Masjid Taqwa Muhammadiyah Pasaman dan memberikan bantuan pembangunan masjid.


"Alhamdulillah, Buya Mahyeldi hadir di sini selain silaturahmi dengan masyarakat Pasaman, juga membawa bantuan untuk pembangunan," ucap Benny.


Menurut Benny, Kecamatan Padang Gelugur merupakan daerah terpadat penduduknya di Pasaman dengan jumlah sekitar 35 ribu jiwa, yang hampir semua penduduk petani yang menghasilkan beras. "Kami berharap melalui safari ramadan ini, pemprov bisa memberikan irigasi," tuturnya.


Bupati menyampaikan, peternak ikan juga mengharapkan bantuan dari pemprov mulai dari pembibitan dan pakan ikan yang saat ini sudah mulai langka dan mahal. "Bantuan benih ikan akan meringankan biaya budidaya. Para pembudidaya berharap perhatian pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan," ujar Benny.


Gubernur menyerahkan beberapa bantuan untuk Masjid Taqwa Sontang berupa uang tunai Rp20 juta dari pemprov dan Rp5 juta dari Bank Nagari Cabang Tapus untuk pembangunan masjid kepada pengurus masjid. (BIRO HUMAS SETDA SUMBAR)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama