Ketua TP PKK Padang Ingatkan Protokol Kesehatan

Foto bersama usai dialog. 

PADANG-Pemenuhan kebutuhan Ramadhan dan Lebaran membuat orang-orang keluar dari rumah. Kerumunan tak terhindarkan. 

Fenomena ini menjadi perhatian Ketua Tim Penggerak PKK Padang, Genny Putrinda. “Kepada ibu-ibu diharapkan memperhatikan protokol kesehatan. Tetaplah menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” ujar Genny dalam dialog perempuan di Padang FM, Jumat (30/4/2021).

Genny mengungkapkan betapa protokol kesehatan ini harus menjadi perhatian dan kebiasaan, mengingat status Padang yang kembali ke orange. Sangat perlu semua pihak meningkatkan kewaspadaannya.

Genny meminta ibu-ibu terutama Tim Penggerak PKK kecamatan dan kelurahan mengingatkan anggota keluarga masing-masing, sanak famili, teman dan tetangga untuk memperhatikan sekali penerapan protokol kesehatan. Bila tiap individu telah menerapkan, berarti dia melindungi orang yang terdekat atau orang yang berinteraksi dengannya.

“Marilah kita menyesuaikan dengan kebiasaan baru atau new normal ini. Diharapkan agar disiplin dalam menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” kata Istri Walikota Hendri Septa itu.

Dia menegaskan, jangan sampai karena kesibukan menyiapkan perbukaan dan kue Lebaran menyebabkan para ibu kelelahan hingga imunnya berkurang. Apalagi lupa ibadah hingga Ramadhan saat ini tidak lebih baik dari Ramadhan sebelumnya.

Dikatakannya, di masa pandemi ini diharapkan ibu-ibu PKK dapat menjadi contoh bagi lingkungan dalam hal pemanfaatan pekarangan rumah. Tanamilah dengan buah-buahan, sayuran, apotek hidup atau tanaman obat keluarga, dapur hidup. Tanaman yang tumbuh di pekarangan ini nantinya bisa menjadi pembantu pemenuhan kebutuhan keluarga.

“Saat buahnya panen, keluarga bisa menikmati buah-buahan tersebut. Sayuran bisa dimasak untuk tambahan menu keluarga. Di masa pandemi ini kebutuhan gizi harus dipenuhi,” ungkapnya.

Dia menegaskan, pemenuhan kebutuhan gizi keluarga sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Cukup dengan pemanfaatan pekarangan secara bijak.

Pemanfaatan pekarangan untuk tanaman hias bisa juga dilakukan. Tanaman hias ini bisa jadi penambah penghasilan keluarga juga.  (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama