Pemerintah Berkomitmen Revitalisasi Pasar Tradisional


Wakil Presiden Ma'ruf Amin sampaikan sambutan saat peresmian Pasar Rakyat Pariaman. 


LIPUTANKINI.COM-Pemerintah berkomitmen mengembangkan pasar tradisional dan memberikan fasilitas kepada pelaku UMKM. Pasar Rakyat Pariaman harus melakukan revitalisasi manajemen, sehingga pasar memiliki daya saing.


Wakil Presiden, Ma'ruf Amin mengemukakan hal itu ketika meresmikan Pasar Rakyat Pariaman, Selasa (6/4/2021). Revitalisasi bangunan dan manajemen pengelolaan pasar, nantinya akan bermuara pada peningkatan ekonomi rakyat.


Ma'ruf Amin menegaskan, Pasar Rakyat Pariaman memiliki sejarah yang panjang. Pasar itu sudah ada sejak zaman kolonial. Wakil presiden meminta pasar itu dikelola dengan baik.


Pasar, mengemukakan, revitalisasi pasar sifatnya membangkitkan ekonomi karena dibangun dengan padat karya. "Pasar rakyat harus diisi dengan pelaku UMKM," kata wakil presiden.


Wapres mengajak masyarakat memanfaatkan pasar untuk berbelanja. Pasar Pariaman diyakini akan jadi destinasi wisata belanja, termasuk wisata kuliner.


Wapres juga meminta pengelola untuk memperhatikan perkembangan selera masyarakat dalam berbelanja. Pasar harus bisa bertahan, sehingga diperlukan digitalisasi mengikuti selera masyarakat itu. "Pemerintah harus afirmatif dengan kebijakan yang mendorong digitalisasi di pasar," kata Ma'ruf Amin.


Selain meresmikan pasar, Wapres Ma'ruf Amin juga meresmikan fasilitas olahraga Univeritas Negeri Padang. Wapres mengemukakan, sport science dan teknologi menjadi hal penting dalam pembangunan olahraga. "Banyak negara maju yang meraih prestasi dengan memanfaatkan sport science," kata Ma'ruf Amin. 


Wapres meminta Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pekerjaan Umum agar memperhatikan permintaan pemerintah provinsi dan pemerintah kota. "Apa yang disampaikan Pak Gubernur dan Pak Walikota sudah jadi catatan pemerintah pusat," kata wakil presiden. (*)








 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama