Selain Belanja, Bisa Membaca di Pasar Rakyat


 Pojok baca di Pasar Rakyat Pariaman



LIPUTANKINI.COM-Pasar Rakyat Pariaman yang akan diresmikan pekan depan bukan cuma tempat berbelanja, tapi juga ada temmpat untuk menambah ilmu. Ada pojok baca di sana.


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pariaman buka pojok baca di Pasar Rakyat. Pojok baca untuk memudahkan akses layanan pustaka kepada masyarakat. Pojok baca berada di lantai empat  yang  dikemas secara apik dan menarik, yang sekaligus menumbuh kembangkan budaya baca pada generasi milenial dan masyarakat.


Kepala Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Setdako, Nen Marni mengatakan pojok baca ini dibuat untuk menumbuhkan minat baca, apalagi pasar merupakan pusat perekonomian. 


"Pojok baca bukan sekadar pajangan, kita berharap masyarakat mulai dari orang dewasa, remaja dan anak-anak, dapat menikmati buku bacaan yang kita sediakan, sehingga dapat membangun budaya literasi daerah kita," ujarnya, Kamis (1/4/2021).


Pojok baca tempatnya masih bersifat sementara, namun pemerintah  berupaya memberikan pelayanan yang optimal.


Nen Marni mengungkapkan, pemerintah kota telah meningkatkan status bagian menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, karena dengan menjadi kedinasan, maka akan banyak bantuan yang daerah didapatkan.


"Kita membidik bantuan pojok baca digital yang dimiliki Perpustakaan Nasional. Nantinya di pojok baca digital tersebut dilengkapi dengan sarana dan pra sarana yang dibantu sepenuhnya Perpusnas, serta dilengkapi dengan bantuan 3.000 lebih buku digital," ungkapnya.


Pojok baca merupakan salah satu wujud implementasi dari filosofi perpustakaan sebagai magnet baca bagi masyarakat, yakni perpustakaan yang menarik. “Pojok baca dibuka setiap hari, pukul 08.00-15.00,” tutupnya. (*/aa)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama