Tugas Bidan tak Cuma Membantu Proses Melahirkan


 Walikota beri sambutan di pengukuhan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Pariaman


LIPUTANKINI.COM-Bidan membantu tidak hanya ketika ibu melahirkan, tetapi juga membantu meningkatkan kesehatan masyarakat.


Hal demikian disampaikan Walikota Genius Umar saat pengukuhan pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI)  Pariaman, Kamis (1/4/2021).


Genius Umar mengungkapkan, IBI menjadi mitra pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kebidanan pada ibu dan anak serta keluarga.


Dikatakan, angka stunting di Pariaman mencapai 9,1 persen. Walikota menginginkan angka stunting harus bisa turun. Dinas Kesehatan harus bekerjasama dengan IBI untuk menurunkan angka stunting tersebut.


“Pariaman memiliki wilayah yang kecil. Dengan adanya bidan desa, kita bisa mengetahui kondisi masyarakat. Di situlah bidan desa dan IBI melakukan pendampingan dan menyampaikan kepada pemerintah kota Pariaman dan kita melakukan intervensi supaya mereka mendapat asupan gizi yang baik,” ulasnya.


Genius Umar mengemukakan, untuk akses sumber makanan  tidak sulit, karena Pariaman memiliki pantai dengan ikan yang banyak, tanah yang subur tetapi pola hidup bersih dan sehat harus diperbaiki.  (*/aa)







 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama