Wabup Tawarkan Potensi Wisata, Menteri Tampung Usulan

Indahnya Nagari Pariangan. (int)

BATUSANGKAR-Wakil Bupati Richi Aprian tawarkan beragam potensi wisata di Tanah Datar kepada Menteri Sandiaga Uno dalam sebuah pertemuan di Jakarta, belum lama ini. 


Richi Aprian menawarkan program pengembangan pariwisata Tanah Datar dan itu memerlukan dukungan pemerintah pusat. Wakil bupati menyebut, Tanah Datar memiliki destinasi yang perlu dikembangkan. Ada desa terindah di dunia, namanya Nagari Paringan. "Pariangan terus dikembangkan, walau dengan APBD yang terbatas," kata Richi Aprian.


Tanah Datar juga memiliki danau Singkarak. Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Yusrizal kepada liputankini.com, Kamis (15/4/2021) menyebutkan, dalam pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, wakil bupati menjelaskan,  dukungan pemerintah pusat diperlukan dalam pengembangan kawasan Singkarak sebagai geopark nasional. 


"Pemerintah kabupaten bersama dengan provinsi menjadikan geopark ranah Minang sebagai Unesco Global Geopark (UGG)," kata Yusrizal.

 

Dalam pertemuan dengan Sandiaga Uno, wakil bupati menyebutkan, Tanah Datar menuju kabupaten event wisata. "Setiap nagari memiliki satu even wisata budaya yang bernilai jual tinggi yang diminati wisatawan, serta menjadikan pariwisata sebagai lokomotif lapangan kerja terutama ekomomi kreatif," ujar Yusrizal.


Sandiaga menampung beragam masukan tentang penembangan pariwisata ke depan yang disampaikan wakil bupati. Dia menekankan, kepala daerah perlu melakukan digitalisasi dalam pengembangan pariwisata. (ed)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama