Wujudkan Generasi Muda yang Cinta Masjid


Wali Kota Padang, Hendri Septa resmikan masjid ramah anak di Siteba. (humas)




PADANG-Bukanlah perkara mudah menciptakan generasi muda yang hatinya terpaut pada masjid. Prosesnya harus dimulai sejak dini. Berbagai upaya harus dilakukan agar anak-anak kita mencintai masjid, sehingga lahirlah generasi beriman.


Wali Kota Padang Hendri Septa mengemukakan ketika meresmikan masjid Darul Huda Perumdam I Siteba Kelurahan Surau Gadang, sebagai masjid ramah anak, Minggu (11/4/2021).


"Anak adalah harapan bangsa, keluarga dan agama. Kualitas anak menentukan kualitas bangsa. Jika anak kuat fisik, mental dan spiritualnya, maka bangsa juga akan menjadi kuat. Sebab itu, generasi cerdas dan beriman menjadi dambaan kita bersama," kata wali kota.


Guna mewujudkan hal tersebut, keluarga dan lingkungan harus berperan aktif mengembangkan pola asuh dan kenyamanan lingkungan, demi hadirnya generasi yang berkarakter dan beriman.


"Lingkungan yang baik dapat dimulai dari rumah, sekolah hingga rumah ibadah. Ini pula yang mendasari program Masjid Ramah Anak dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB)," lanjutnya yang dikutip dari laman Facebook Humas Pemko.


Dikatakan Hendri, program ini merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan masjid yang nyaman dan membuat anak-anak betah berlama-lama di dalamnya, baik untuk belajar ilmu agama, maupun sekedar berdiskusi ringan mengenai berbagai hal. Sehingga, kerisauan orang tuq terhadap anak-anak yang sulit lepas dari gadget dan apatis dengan lingkungannya dapat pula teratasi.


Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Padang yang juga anggota DPRD Sumatera Barat, Maigus Nasir yang turut hadir pada kesempatan itu mengatakan, program masjid ramah anak merupakan gagasan berlian untuk menyelamatkan dan membentengi generasi muda dari arus globalisasi.


"Dengan menyediakan ruang tempat belajar, berdiskusi dan bermain di lingkungan masjid, diharapkan anak dapat belajar mendalami ilmu agama, serta mendekatkan diri kepada Allah, Alquran dan Rasulnya. Semoga Masjid Darul Huda dapat menjadi role model masjid ramah anak di Padang," pungkasnya. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama