Kapal Ramadan Mentawai Antarkan 10 Ton Pangan dan Logistik


Gubernur lepas pengiriman pangan dan logistik ke Mentawai. (humas)

PADANG-Gubernur Mahyeldi Ansharullah melepas secara simbolis keberangkatan kapal Ramadan Mentawai yang dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap. Kapal tersebut membawa 10 ton bahan pangan dan logistik. 

"Terimakasih kepada warga Sumbar dan para donatur yang menyumbangkan sebagian hartanya untuk kita kirim ke Mentawai yang kita sebut dengan kapal Ramadan Mentawai," ungkap Gubernur Mahyeldi usai salat Jumat di Masjid Jihad Padang, Jumat (7/5/2021). 

Gubernur mengatakan, ada dua truk yang membawa bahan pangan dan logistik dan diberangkatkan, Jumat dan Sabtu.

"Tujuannya ke Siberut dan Sikakap. Kita lepas kapal Ramadan Mentawai dalam semangat Minang dermawan yang diinisiasi ACT," ujar gubernur. 

ACT aktif mengirim bantuan, termasuk ke luar negeri, seperti Lebanon, Rohingya dan Palestina.  "ACT juga menunjukkan kepeduliannya ke masyarakat di Mentawai," jelasnya. 

Menurut gubernur, ACT tak hanya peduli dengan peristiwa di luar negeri, tapi juga di dalam negeri. "Semoga bantuan ini memberikan semangat dan menghibur masyarakat Mentawai dalam memasuki Idul Fitri," ucap gubernur.

Head Sub Regional ACT Sumbar, Zeng Wellf mengungkapkan, bantuan pangan dan logistik tersebut akan dibagikan mualaf dan warga Muslim lainnya di Kepulauan Kabupaten Mentawai, khususnya Siberut Selatan dan Sikakap.  "Bantuan ini bertujuan meringankan beban perekonomian masyarakat," jelasnya. 

Zeng mengatakan, tim dan relawan ACT berangkat menuju Mentawai Jumat (7/5/2021), pukul 18.00 selama 12 jam. Tim kedua, berangkat Sabtu (8/5/2021) pada pukul 18.00 menuju Sikakap.

"ACT Sumbar mengumpulkan bantuan kapal Ramadhan Mentawai dengan melibatkan beberapa organisasi dan komunitas dan juga intansi pemerintahan. Termasuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang ikut serta dalam pengumpulan sedekah dan infak dari masyarakat," ujar Plt. Branch Manager ACT Sumbar, Aan Saputra. 

Pengumpulan donasi, pangan dan logistik sudah di gaungkan sejak awal Ramadan. ACT menyiapkan gudang pangan atau wakaf distribusi center sebagai tempat penyimpanan pangan dan logistik yang bertepat di Jalan Ikhlas 4, Kelurahan Andalas, Padang Timur.  Gudang ini tempat pangan dan logistik sebelum keberangkatan Kapal ke Mentawai. (BIRO HUMAS SETDAPROV SUMBAR)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama