Wakapolda Minta Pemudik Lapor ke Posko PPKM Terdekat


Gubernur dan Wakapolda Jateng cek pasukan pengamanan Idul Fitri.

SEMARANG-Polda Jateng gelar apel pasukan Operasi Ketupat Candi 2021 di Semarang. Apel tersebut sebagai pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan pengamanan Idul Fitri, Rabu (5/5/2021).

Gubernur Ganjar Pranowo memimpin apel pasukan didampingi Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto dan Wakapolda Jateng Brigjen Abiyoso Seno Aji. Gubernur mengatakan, jelang Idul Fitri trend kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan 2,03 persen yang disebabkan peningkatan aktivitas masyarakat jelang akhir Ramadan.

"Forkopimda tidak henti-hentinya bagi-bagi tugas, Pak Pangdam dan Pak Kapolda sudah keliling lakukan pengecekan di pelosok-pelosok juga pada titik penyekatan," ucap Ganjar.

Masyarakat yang melewati posko-posko penyekatan akan ada beberapa hal yang dicek, seperti, surat keterangan vaksin dan keterangan swab. Menurut Ganjar sudah ada sekitar 5.000 lebih kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah. Pihaknya meminta RT/RW setempat mendata siapa-siapa saja yang masuk ke daerahnya.

Wakapolda Brigjen Abiyoso Seno Aji, mengatakan ada sekitar 8.452 posko PPKM yang telah terbentuk. Pihaknya mengimbu masyarakat dari luar Jateng yang sudah mudik untuk melaporkan keberadaanya di posko PPKM.

"Di sana akan kami lakukan swab antigen manakala dinyatakan positif, maka akan diisolasi sehingga harapanya tidak menyebarkan Covid-19 pada masyarakat lainnya," terang Abi.

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto mengatakan pihaknya siap mendukung sepenuhnya apabila ada hal-hal yang terjadi pada perayaan Idul Fitri nanti. Pangdam telah menyiapkan satuan-satuan operasional untuk membantu pelaksanaan penyekatan dan pengamanan bersama dengan personel Polda Jawa Tengah. (PENI)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama