Bertemu PMI, Bupati Ingatkan Keselamatan

 Bupati foto bersama dengan pengurus PMI Tanah Datar


BATUSANGKAR-Bupati Tanah Datar, Eka Putra ingatkan PMI untu mengutamakan keselamatan dalam masa pandemi sekarang. Sebagai sebuah organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan, Palang Merah Indonesia telah banyak berbuat membantu masyarakat.


“PMI Tanah Datar berada di barisan depan, terutama berperan untuk pemakaman pasien terkonfirmasi positif yang meninggal dunia. Karenanya, atas nama pemerintah daerah, saya sampaikan apresiasi,” kata Bupati Eka Putra saat temu ramah dan audiensi bersama jajaran pengurus PMI Tanah Datar yang dihadiri Ketua Emi Irdinansyah, Kamis (24/6/2021) di Indo Jolito Batusangkar. 

Oleh karena risiko yang cukup besar dalam prosesi pemakaman pasien Covid-19 yang positif, tentunya diingatkan kepada semua relawan PMI untuk tetap mengedepankan keselamatan dan keamanan dalam bertugas. “Saya tahu, semangat dan dedikasi relawan dalam menjalankan tugasnya tidak diragukan lagi, namun tentunya agar jangan terjadi hal yang tidak diinginkan, safety atau keamanan dalam bekerja menjadi hal utama,” pesan Eka. 

Kemudian, ujar Eka lagi, PMI Tanah Datar telah mampu hadir menjadi mitra pemerintah daerah, terutama saat terjadi musibah dan bencana. “Terima kasih atas dedikasi PMI selama ini untuk Tanah Datar, sekiranya ada permasalahan dan hambatan mari kita bicarakan untuk carikan solusi pemecahannya secara bersama-sama. Yang mudah jangan dipersulit dan yang sulit mari kita permudah,” ujar bupati. 

Emi Irdinansyah menyampaikan, semenjak dikukuhkan menjadi ketua pada 2017, sudah banyak program yang bisa dilaksanakan sampai sekarang.  “Kita telah laksanakan berbagai kegiatan yang terbagi dalam 4 program kerja, yakni kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana, pelayanan kesehatan dan pertolongan pertama, donor darah sukarela, serta menjadi tim gugus penanganan Covid-19,” terang Emi. 

Turut mendukung program pemerintah daerah, tambah Emi, PMI siap menjadi mitra pemerintah. “Misalnya PMI siap menjadi penyuluh sosialisasi cara penanganan Covid-19 ke Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah-sekolah. Bahkan saat ini untuk mempermudah masyarakat memperoleh darah kita bekerjasama dan didukung Dinas Kesehatan dan RSUD M. Ali Hanafiah telah mendirikan unit transfusi darah,” ujarnya.  (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama