Lawan Covid-19 dengan Daya Tahan Tubuh

 Peserta sosialisasi pelayanan kesehatan. (kominfo)



PADANG PANJANG–Kendati Covid-19 merupakan virus yang sifatnya bisa sembuh tanpa diobati, namun tetap saja banyak yang meninggal. Penyebab utamanya karena adanya penyakit bawaan, serta imun tubuh yang sangat kurang.


Demikian dikatakan anggota DPR Komisi IX, Suir Syam dalam sosialisasi pelayanan kesehatan tradisional pada adaptasi kebiasaan baru di era pandemi Covid-19, Jumat (25/6) di Gedung M. Syafei, Padang Panjang. 

“Melawan Covid-19 ini adalah dengan daya tahan tubuh. Kalau daya tahan tubuh kuat, maka tidak akan terkena Covid-19,” ujarnya dalam acara yang digelar bersama Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes ini.

Dikatakan mantan wali kota dua periode itu, pemerintah telah menyediakan vaksin untuk upaya pencegahan penyebaran virus ini. Masyarakat diminta tidak perlu takut untuk divaksinasi. 

“Tenaga kesehatan serta dokter saja mau untuk divaksinasi. Jika vaksin tidak baik, kenapa dokter sama tim medis mau divaksin? Dari situlah kita bisa ambil kesimpulan kalau vaksin ini baik,” tuturnya.

Ditambahkan Koordinator Subdit Yankestrad Komplementer Kemenkes, dr. Gita Swisari, MKM, untuk pengobatan dan hal yang perlu dilakukan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, tetap patuhi protokol kesehatan, banyak konsumsi buah dan sayur, serta perkuat imun tubuh.

“Penularan Covid-19 ini berbagai macam. Di antaranya melalui droplet, bersin, batuk, bersentuhan, berjabat tangan, menyentuh benda yang kemudian kita sentuh pula mulut, hidung atau mata,” terangnya.

Gita mengajak untuk tidak lupa mengonsumsi pengobatan herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti mengonsumsi jahe, temulawak, kunyit dan meniran. 

“Apabila kita sudah terkena Covid-19, untuk mengurangi gejala batuk dan pilek, minum kencur. Apabila sakit kepala, pakai bawang putih, sulit tidur biji pala ada untuk obatnya dan mual konsumsi jahe. Jika semua itu kita lakukan, insyaa Allah kita akan terhindar dari Covid-19. Jangan lupa untuk melakukan vaksinasi karena vaksin merupakan penambah daya tahan tubuh," jelasnya.

Wakil Wali Kota, Asrul saat membuka acara ini mengapresiasi kegiatan sosialisasi untuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ini.

"Perilaku hidup sehat ini yang kita terapkan saat pandemi. Wabah Covid-19 mengajarkan kita betapa kesehatan itu mahal harganya. Maka mari jaga kesehatan, imunitas dan patuhi prokes,” imbaunya yang dikutip dari Kominfo. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama