Unand Kukuhkan Empat Guru Besar


Rektor Prof Yuliandri foto bersama dengan para guru besar yang dikukuhkan serta Ketua MGB, Prof. Fauzan Azima, Sekretaris MGB, Prof. Erizal Mukhtar dan Dekan Fakultas Teknik Unand, Prof. Ikhwana Elfitri, Kamis (24/6/2021). 


PADANG-Universitas Andalas kukuhkan empat guru besar tetap pada Fakultas Teknik, Kamis (24/6/2021) di Convention Hall, kampus Limau Manis, Padang. Pengukuhan itu dibuka Rektor Prof. Yuliandri. Rektor mengemukakan, pengukuhan guru besar ditandai dengan penyampaian orasi ilmiah. 


Prosesi pengukuhan guru besar itu dipimpin Ketua Majelis Guru Besar, Prof. Fauzan Azmi. Empat guru besar yang dikukuhkan itu, Prof.Dr-Ing. Agus Sutanto,MT, Prof.Ir. Nilda Tri Putri, MT, Phd, IPU, Prof. Dr.Eng.Ir. Jafril Tanjung, MT dan  Prof.Dr.Eng.Fauzan, ST, MSc.

Rektor mengemukakan, dari substansi yang disampaikan para orator merupakan sesuatu yang bermakna tinggi. "Apa yang disampaikan para guru besar merupakan ilmu pengetahuan wawasan kekinian," kata Yuliandri.

Dijelaskan Yuliandri, khusus Sumatera Barat yang merupakan daerah rawan gempa, memang diperlukan kajian yang bisa diimplementasikan di masyarakat, sehingga dampak bencana bisa diminimalkan. Hasil penelitian tentang struktur bangunan yang ramah dan tahan gempa, perlu dijadikan pertimbangan bagi pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan dalam perizinan mendirikan bangunan.

Dikatakan Rektor Unand, para profesor yang menampilkan orasi ilmiah telah memiliki karya dan hendaknya menjadi dorongan bagi dosen lain untuk mengusulkan diri menjadi guru besar. "Pengukuhan bukan sekadar seremonial, tapi ada makna mendalam tentang keilmuwan yang relevan dengan masa kini," kata Yuliandri.

Rektor berharap para guru besar terus berkarya untuk memajukan Univeritas Andalas dan memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa. Perguruan tinggi harus memberi bukti, orang terpelajar mampu memberikan sumbangsih pada masyarakat. "Masyarakat menanti penelitian yang akan bermanfaat bagi mereka untuk meningkatkan taraf kehidupan," katanya. (ed)

Dijelaskan Yuliandri, para guru besar yang dikukuhkan akan mampu menjawab tantangan dan kebutuhan zaman. "Tetaplah jadi ilmuwan yang terus berkarya dan berkontribusi nyata pada masyarakat," ujar Yuliandri. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama