Pandemi Covid-19 Masih Jauh dari Selesai

JAKARTA-Komite Darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, penyebaran Covid-19 yang kini kembali meluas membuat pandemi semakin sulit terselesaikan. Bahkan, ketua Komite, Prof Didier Houssin, mengatakan, trend saat ini sangat mengkhawatirkan.

"Pandemi masih jauh dari selesai," kata komite dalam sebuah pernyataan dikutip The Telegraph, Jumat (16/7/2021).

Houssin menyebut, satu setengah tahun setelah WHO pertama kali mengumumkan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian Internasional (PHEIC), dunia masih kesulitan mengejar virus yang ada. Bahkan, peringatan tertinggi yang diputuskan WHO itu, membuat semua pihak masih jauh dalam saling kejar menyelesaikan pandemi.

"Kita masih mengejar virus ini dan virus masih mengejar kita," kata komite yang dilansir republika.co.id.

Hingga saat ini, masih ada empat varian dominan yang terkait dengan Covid-19 global. Selain varian Alpha, Beta, dan Gamma , varian Delta yang pertama kali terdeteksi di India kini menyebar cepat di seluruh dunia.

Sementara itu, mantan pimpinan Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, Scott Gottlieb MD, mengatakan, perkembangan tersebut mengindikasikan bahwa varian Delta menyebar dengan sangat cepat. Gottlieb menilai penyebaran varian Delta di negaranya belum akan mereda dalam waktu dekat. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama