Peringatan WHO, Dunia di Titik Berbahaya


JAKARTA-Jumlah kematian akibat infeksi virus Corona di seluruh dunia mencapai lebih dari empat juta orang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan lebih banyak orang yang meninggal tetapi tidak tercatat.

"Dunia berada pada titik berbahaya dalam pandemi ini," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam agenda pertemuan mingguan terkait Covid-19, dikutip dari detikcom, Jumat (9/7/2021).

Ia juga menyayangkan beberapa negara dengan cakupan vaksinasi yang tinggi sudah berencana untuk meluncurkan suntikan vaksin booster dalam beberapa bulan mendatang dan melonggarkan langkah-langkah sosial kesehatan masyarakat, bersantai seolah-olah pandemi sudah berakhir.

Belum lagi kecepatan varian Covid-19 saat ini berkembang pesat mengalahkan vaksin. Tedros mengkhawatirkan pandemi bisa berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan.

Kemenangan varian baru atas vaksin ini juga dilatarbelakangi ketidakadilan distribusi vaksin di seluruh dunia. Saat negara-negara kaya sudah memvaksinasi hampir seluruh populasinya, ada negara yang bahkan tenaga kesehatannya belum vaksin.

"Saat ini varian memenangkan perlombaannya terhadap vaksin karena ketidaksetaraan produksi dan distribusi. Hal ini juga mengancam pemulihan ekonomi global. Tidak harus seperti ini di masa mendatang," imbuhnya. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama