Sapu Lidi, Potensi Ekonomi dari Kebumen

Kayu untuk tangkai sapu lidik


KEBUMEN-Sapu lidi merupakan salah satu potensi dari Kebumen yang masih bertahan di masa pandemi. Kalangan wartawan diminta mempromosikan usaha rakyat.

Ahmad Darobi, pengusaha UMKM menuturkan, awalnya usaha produksi gagang sapu, dia kemudian berpikir untuk menjadikan bahan jadi menjadi tangkai sapu.

Dia bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Republik Indonesia bersinergi dalam pemasaran sapu dan memperdayakan masyarakat sekitar yang menganggur menjadikan industri rumahan sehingga masyarakat bisa terbantu.

Persatuan Wartawan Republik Indonesia Kebumen saat ini fokus dalam pendampingan usaha masyarakat kecil menengah yang dimotori seluruh pengurus untuk keluar dari masa sulit karena adanya Covid-19.

Wahyudin yang juga Ketua DPC Persatuan Wartawan Republik Indonesia, menyebutkan, kerajinan sapu bisa dijadikan mata pencaharian alternatif di masa pandemi ini bisa dikaryakan di rumah saja tanpa berkerumun di tempat kerja.

Wahyudin menyampaikan, sapu serabut merupakan kerajinan yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang dengan memanfaatkan limbah serabut kelapa yang nota benenya sisa limbah kelapa yang tidak terpakai dimanfaatkan untuk kerajinan yang memiliki nilai ekononi. (Alex/Bayu)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama