Forum Koordinasi Penanggulangan Bencana Sungai Tarab Dikukuhkan

 Anggota FKPB Sungai Tarab yang dikukuhkan 


BATUSANGKAR-Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan Ermon Revlin hadiri pengukuhan Forum Koordinasi Penanggulangan Bencana (FKPB) Kecamatan Sungai Tarab, Jumat (27/8/2021) di aula kantor camat.

Ermon menyampaikan apresiasi bupati terhadap pembentukan dan pengukuhan FKPB Kecamatan Sungai Tarab.

“Pak bupati menyampaikan apresiasi langkah dilakukan Pemerintah Kecamatan Sungai Tarab yang dikomandoi Camat Afrizal untuk membentuk sekaligus mengukuhkan forum ini,” sampai Ermon. 

Dikatakan Ermon lagi, FKPB Kecamatan Sungai Tarab yang pertama dikukuhkan di Tanah Datar, tentunya akan sangat bermanfaat dan bisa diberdayakan membantu dalam penanggulangan bencana yang bisa terjadi kapan saja. 

“Beberapa kawasan Tanah Datar merupakan daerah rawan bencana, termasuk Sungai Tarab ini, karena itu tentunya pembentukan FKPB ini akan dapat membantu penanggulangan bencana dan bahkan bisa membantu meminimalisir kerugian akibat bencana. Karena itu langkah ini patut menjadi contoh Kecamatan lain di Tanah Datar,” tukas Ermon. 

Camat Afrizal menyampaikan, forum ini dibentuk atas pemikiran bersama untuk menyatukan insan peduli kebencanaan di Kecamatan Sungai Tarab. 

“Masih adanya perbedaan pemahaman terhadap Satuan Petugas Penanggulangan Bencana (Satgas PB Nagari) juga menjadi dasar pembentukan FKPB ini, dan ke depan jangka panjang kita akan rangkul tokoh masyarakat yang peduli terhadap kebencanaan,” ujarnya.

Bahkan, tambah Camat Afrizal, dalam menjamin keselamatan anggota FKPB ini dalam menunaikan tugasnya, sudah ada bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Batusangkar.

“Kita menyadari risiko cukup besar bisa saja terjadi ketika Satgas melaksanakan tugasnya dalam penanggulangan bencana, karenanya beberapa waktu lalu kita juga telah lakukan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan sehingga para Satgas semakin terjamin dan merasa percaya diri dalam bertugas,” tukas Afrizal.

Ketua FKPB  Nofrizal, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak,  terutama Camat yang telah menginisiasi terbentuknya FKPB Kecamatan Sungai Tarab.

“Terima kasih atas dukungan pak Camat bersama jajaran Pemerintah Kecamatan atas inisiasinya, dan juga pihak lain yang telah mendukung, sehingga bisa dikukuhkan, kemudian untuk berkegiatan di lapangan kita juga sangat mengharapkan dukungan dari semua elemen masyarakat,” harapnya.

Adapun pengurus yang dikukuhkan, Ketua dijabat Nofrizal, Wakil ketua dijabat Yogi Anggara, Sekretaris dijabat  Jerry satria, Wakil sekretaris dijabat Arizal dan bendahara dijabat Fitri Dewi. Dan acara turut hadiri BPBD Tanah Datar, Forkopimca Sungai Tarab dan wali nagari se Kecamatan. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama