Spektrum Politika Institut: Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat, Anies Membayangi

Ganjar Pranowo. (merdeka.com)

PADANG-Lembaga survei Spektrum Politika Institute melakukan survei tentang dinamika perubahan persepsi dan perilaku memilih masyarakat pascapemilu 2019 di Indonesia pada 5-17 Juli 2021. 

Survei ini melibatkan 1.240 sampel yang diwawancarai langsung dengan margin of error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia. Sejumlah pertanyaan diajukan kepada responden, terutama tentang calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu 2024.

Direktur Data dan Riset, Spektrum Politika Institut, Andri Rusta, Jumat (20/8/2021) di Padang menjelaskan, survei ini menemukan persaingan yang ketat di antara calon presiden dan wakil presiden yang nama-namanya beredar dalam masyarakat akhir-akhir ini. 

Misalnya, ketika ditanyakan siapa calon presiden yang ada dalam pikiran masyarakat (top of mind), preferensi politik masyarakat ada pada nama Ganjar Pranowo yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Tengah dengan angka elektabilitas mencapai angka 16,9 persen. Sementara, Prabowo Subianto dhanya menapatkan dukungan 16,4 persen. Selanjutnya elektabilitas ini dibayangi Anies Baswedan dengan elaktabilitas 10,2 persen.

"Elektabilitas calon presiden dengan simulasi menggunakan kartu nama-nama calon presiden, juga bersaing ketat antara Ganjar Pranowo yang memperoleh suara 21,9 persen berbanding Prabowo Subianto yang hanya mendapatkan 20,6 persen. Sementara Anies memperoleh 13,8 persen dukungan masyarakat," ujar Anri.

Dikatakan Andri, peluang Ganjar dan Anies ini semakin besar karena popularitas dan tingkat penerimaan masyarakat kepada mereka masih bisa ditingkatkan menjelang Pemilu 2024. Saat ini, popularitas Anies Baswedan justru lebih unggul 86,1 persen dibandingkan Ganjar yang hanya mencapai 71,1 persen. 

Sementara, tingkat penerimaan terhadap Anies Basweda 60,5 persen dibandingkan dengan Ganjar Pranowo di angka 52,4 persen. Sedangkan Prabowo Subianto tingkat popularitas sudah sangat tinggi mencapai 93,1 persen dan tingkat penerimaan masyarakat 65,3 persen.

Menariknya, jika dilakukan simulasi dua nama (head to head) dari tiga calon presiden di urutan teratas ini, maka elektabilitas Prabowo Subianto, memang masih unggul dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

Angka elektabilitas Prabowo vs Ganjar adalah 42,1 persen versus 33,3 persen. Sedangkan Prabowo vs Anies adalah 40,4 persen versus 28,9 persen. Sementara elektabilitas Ganjar vs Anies adalah 34,5 persen vs 37,4 persen. (ed)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama