Bunda PAUD Kecamatan Dikukuhkan

 Pengukuhan Bunda PAUD di Kota Pariaman


KOTA PARIAMAN-Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan se-Kota Pariaman dikukuhkan Bunda PAUD Lucyanel Genius di balairung rumah dinas wali kota, Kamis (2/9/2021). 


Pengukuhan Bunda PAUD yang juga istri camat ini disaksikan sejumlah camat dan pejabat lainnya. Lucy menyampaikan, tugas Bunda PAUD tidak hanya membina anak-anak saja, tapi juga mencari anak-anak yang belum sekolah. 

"Yang harus dilakukan kelompok kerja (pokja) Bunda PAUD adalah melakukan penguatan kemitraan untuk mendukung satuan PAUD dengan siapa saja baik dengan aparatur pemerintahan daerah, dengan Bunda PAUD provinsi, masyarakat dan komunitas dunia usaha industri untuk merancang kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas layanan.

Pengembangan anak usia dini holistik integratif (PAUD-HI) merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. 

Adapun unsur kinerja layanan PAUD-HI ini ialah melaksanakan program pendidikan keluarga, melakukan pemeriksaan kesehatan seperti mengukur tinggi badan dan berat badan, melakukan deteksi diri tumbuh kembang, melakukan koordinasi Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak dengan pihak terkait seperti bidan desa, koordinasi dengan posyandu dan puskesmas, memiliki fasilitas sanitasi, instalasi air jamban, fasilitas cuci tangan, pola hidup bersih dan sehat, program makanan tambahan dan memantau kepemilikan akte kelahiran.

"Bunda PAUD juga memiliki tanggungjawab untuk memastikan setiap anak yang lahir memiliki identitas berupa akta kelahiran agar mereka dapat menjadi warga negara Indonesia yang terlindungi hak-haknya sejak dini dan orangtua pun juga harus sadar, akta kelahiran itu sangat penting," ungkapnya. (Ew/aa)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama