Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Diimbau Jaga Kebersihan Drainase

 Pembersihan drainase di Padang Panjang guna cegah banjir. (kominfo)


PADANG PANJANG-Memasuki September yang curah hujannya cukup tinggi, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) mengimbau agar masyarakat lebih ekstra menjaga lingkungan.

Kepala Dinas Perkim LH, Alvi Sena, kepada Kominfo, Rabu (1/9/2021) mengatakan, sebagai kota yang dijuluki "Kota Hujan", Padang Panjang cukup sering dilanda banjir dan longsor.

"Sama kita ketahui saat ini sudah memasuki musim hujan yang curahnya cukup tinggi. Kami meminta agar masyarakat selalu menjaga lingkungan. Mulai dari membuang sampah pada tempat dan waktu yang sudah diinformasikan, menjaga kebersihan selokan/drainase di sekitar tempat tinggal. Kapan perlu adakan gotong royong bersama," imbaunya.

Dinas Perkim LH, tambah Alvi Sena, sudah menyiapkan petugas yang secara rutin memantau dan menangani saluran drainase kota. Petugas juga disiapkan apabila terjadi kondisi darurat bekerja sama dengan Tim Reaksi Cepat (TRC) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol.

Dinas Perkim LH juga telah menyiapkan tempat sampah terpilah seperti yang ada di depan Radio Bahana. Itu merupakan bagian dari Program Skala Kawasan oleh Kementerian PUPR. Ada 16 unit yang ditempatkan di sepanjang Jalan Soekarno Hatta.

"Mari kita jaga kebersihan lingkungan kita, karena dengan begitu kita telah menjaga diri dan keluarga, serta menyelamatkan masa depan lingkungan kita," tutupnya. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama