Kementan Kembangkan Bawang Batu Ijo di Tanah Datar

 Gubernur terima Kepala Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian Balitbangtan Kementan, Husnain. 


PADANG-Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menyambut baik upaya Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian Balitbangtan Kementan untuk mengembangkan bawang varietas unggul Batu Ijo di daerah itu guna meningkatkan produktivitas hingga meningkatkan pendapatan petani.


"Varietas ini bisa meningkatkan hasil panen bawang petani dari awalnya sekitar 12 ton per hektare menjadi 18 ton perhektare. Ini tentu akan menguntungkan petani di Sumbar," katanya saat menerima Kepala Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian Balitbangtan Kementan, Husnain di Padang, Senin (20/9/2021).

Ia mengatakan, selama ini Sumbar telah dikenal sebagai sentra bawang di Sumatera. Dengan varietas unggul tersebut produktifitas akan meningkat tajam sehingga bisa menembus pasar lebih luas.

"Selain varietas, kita juga minta ada dukungan dari pemanfaatan teknologi tepat guna serta hilirisasi produk yang akan bisa menarik minat dari generasi muda untuk terjun dalam bidang ini," ujarnya.

Mahyeldi menyebut saat ini Sumbar mulai kekurangan petani karena itu generasi muda harus diajak untuk mengembangkan sektor ini dengan memanfaatkan teknologi.

Husnain mengatakan varietas Batu Ijo memang belum banyak dikenal namun memiliki banyak keunggulan seperti umbi yang lebih besar dan rasa yang tidak jauh berbeda dari bawang lokal. 

Pengembangan varietas itu juga dilakukan dengan memanfaatkan teknologi ramah lingkungan sehingga bisa menurunkan penggunaan pupuk pestisida yang berbahaya bagi kesehatan.

"Kita coba kembangkan ini di Tanah Datar yang daerahnya masih baru dalam pengembangan bawang sehingga tanahnya juga belum banyak terkontaminasi pestisida," katanya. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama