Pasar Nagari Sumanik Dibuat Representatif

 Bupati letakkan batu pertama pembangunan Pasar Sumanik. (humas)


BATUSANGKAR-Pasar merupakan salah satu tempat utama perputaran roda perekonomian suatu daerah. Pasar menjadi penting bagi kemajuan ekonomi. Bagi masyarakat kehadiran pasar sangat dibutuhkan terutama dalam kebersihan dan, kenyamanannya.
 

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra sesaat sebelum meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan Pasar Nagari Sumanik, Rabu (22/9) di Pasar Sumanik, Kecamatan Salimpaung.

Eka Putra harapkan setelah pembangunannya selesai nanti Pasar Nagari Sumanik bisa memberikan dampak positif bagi pelaku pasar.  “Pesan saya, nanti jangan ada rebut gara-gara rebutan kios atau lapak didalam pasar, bersama-sama kita sehingga semuanya berjalan aman dan lancar. Begitu juga kepada niniak mamak, KAN dan pemerintah nagari, nanti bersama-sama kita,” pesan bupati yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas.

Eka ucapkan terimakasih kepada semua unsur di nagari karena selama ini selalu bersinergi dan bermusyawarah dalam setiap keputusan yang diambil, sehingga tidak ada riak-riak kemelut yang terjadi di nagari.

Tidak sampai di situ, bupati juga mengharapkan dengan adanya pasar yang representatif nanti pelaku UKM yang akan menjadi penggerak utamanya di pasar.

Kepala Dinas Koperindag Darfizal sampaikan, proses pembangunan pasar Sumanik sudah dimulai sejak 2020 yang lalu. 

“Kita mengusulkan nama-nama pasar yang akan direhap atau dibangun melalui dana dari kementerian perdagangan melalui aplikasi SIPR. Ada tujuh pasar yang kita usulkan untuk kita lakukan pembangunannya atau rehab, dari 42 jumlah pasar yang ada di Tanah Datar," katanya.

Ketujuh pasar yang diusulkan, tambah Darfizal, memang harus dan perlu dilakukan pembangunan atau rehab secepatnya. 

“Alhamdulillah dengan terbitnya Permendag nomor 41/2021 tentang Penunjukan Lokasi Pembangunan Pasar Melalui Alokasi Dana TP Kementerian Perdagangan, Pasar Nagari Sumanik terpilih menjadi salah satu pasar di Sumatera Barat yang akan dibangun dengan menggunakan Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan,” terang Darfizal.

Darfizal mengatakan, nantinya di Pasar Nagari Sumanik juga dibangun mushalla, fasilitas kesehatan, kantor dan juga pos keamanan sebagai sarana pelengkap yang harus ada untuk setiap pasar tradisional di seluruh Indonesia. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama