Pemilihan Ketua RT Berlangsung Seru

 Penghitungan suara pemilihan ketua RT


KENDAL-Ketua RT merupakan pemerintahan desa paling bawah yang bersentuhan dengan masyarakat. Jabatan menjadi ketua RT d iera sekarang kurang diminati warga. Tetapi di Desa Ngasinan pemilihan RT 06/RW 02 dikemas seperti pemilu sehingga membuat antusias warga baik yang  maupun yang dipilih.

Meskipun dalam suasana Covid-19 dimana para pemilih diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, namun acara pemilihan ketua RT tetap berjalan dengan meriah.

Pada Sabtu (18/9/2021) dimulai pukul 19.30 di rumah Saryadi, digelar pemilihan Ketua RT selayaknya pemilu. Warga mendapatkan kartu suara dan mencoblosnya pada gambar kandidat. Sebanyak 3 kandidat yang ikut dalam pemilihan tersebut dengan nomor urut  (1) Faizin, (2) Yunianto dan (3) Mujio.

Dalam keterangannya Kades Ngasinan H.  Moh Kuzaeni, A. Md. menyampaikan" kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang Demokrasi , pemilihan secara langsung tidak hanya untuk pemilihan legislatif maupun eksekutif saja tingkat RT pun bisa dilaksanakan pemungutan suara secara langsung, " jelasnya.

Dengan tiga kandidat dan 99 jumlah pemilih, acara ini dilaksanakan dengan antusias warga yang luar biasa.  Bagi warga RT 06 yang sedang di luar kota, bahkan yang sedang di luar negeripun bisa mengikuti  pemilihan ketua RT ini secara online melalui aplikasi e-voting yang berhasil dikembangkan sekretaris panitia untuk meminimalkan golput.

Menurut Sekretaris Panitia M. Lingga Caraka Maulana,  pemilihan ketua RT menggunakan e- voting baru pertama kali dilakukan di Kendal. Uniknya yang memilih Ketua RT ini adalah para suami isteri memiliki hak suara yang sama.  "Jadi semua warga dapat melaksanakan hak pilihnya," imbuhnya.

Dari hasil pemilihan tersebut kandidat nomer urut 2 unggul dengan mendapatkan suara terbanyak, 52 suara. Harapannya dengan pemilihan RT secara langsung dapat mendidik masyarakat untuk melaksanakan Demokrasi yang sehat dan memberikan hak suaranya untuk memilih pemimpin sesuai hati nuraninya," kata ketua panitia pemilihan.

Yunianto yang juga memiliki usaha ayam potong,  menyampaikan ia ingin ikut berpartisipasi dalam membangun Desa Ngasinan dan membangun manusia dalam bidang religi. (SAS)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama