Peternak di Tiga Kecamatan Terima Bantuan Mesin

 Mesin yang diserahkan pada peternak di Pariaman


KOTA PARIAMAN-Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman (DPPP) salurkan bantuan mesin chopper bagi para peternak untuk tiga kecamatan, masing-masing Pariaman Selatan, Pariaman Timur dan Pariaman Utara melalui kelompok.

Penyerahan bantuan berupa mesin chopper, tong penyimpanan makanan ternak itu di Desa Padang Cakur, Pariaman Selatan oleh Walikota Genius Umar, Selasa (14/9/2021) didampingi Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Dasril, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial M. Rum dan Camat Pariaman Selatan M. Farid Marwan.

Genius usai penyerahan tersebut mengatakan, bantuan alat pertanian itu sebagai upaya membantu petani peternak sapi, kerbau dan kambing dalam memotong dan mencacah bahan makanan ternak yang berasal dari lingkungan sekitar seperti sagu, batang pisang, dan rumput gajah, kemudian difermentasi agar didapat kandungan kadar gizi yang cukup bagi ternak.

Genius menjelaskan, bantuan dapat memudahkan para peternak dalam mensuplai makanan kepada ternak, walaupun baru satu mesin di setiap kecamatan, tapi kelompok desa lain dapat juga memanfaatkannya dengan secara bersama-sama.

Namun, dikatakan Genius, tetap selalu dilakukan kontrol oleh petugas penyuluh peternakan dan pertanian di wilayah masing-masing. Kepada masyarakat petani dan peternak, jika ada yang belum dimengerti terkait pertanian dan peternakan, jangan malu-malu bertanya kepada penyuluh.

"Teknologi ini sederhana, namun memiliki fungsi luar biasa. Mudah mudah bantuan pemerintah ini akan bermanfaat bagi peternak. Sukses selalu petani kita," ungkap Genius. (Fd/aa)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama