WHO Pantau Varian Baru Covid-19 Mu




JENEWA–Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sedang memantau varian baru Covid-19 yang dikenal sebagai “Mu”. Dalam istilah ilmiah varian tersebut diidentifikasi sebagai B.1.621.

WHO masih mengelompokkan Mu dalam variant of interest. “Varian Mu memiliki konstelasi mutasi yang menunjukkan sifat potensial untuk lolos dari kekebalan,” kata WHO, Selasa (31/8/2021).

WHO mengungkapkan, varian Mu pertama kali terdeteksi di Kolombia pada Januari lalu. Mu mirip dengan varian beta yang menunjukkan pengurangan kapasitas netralisasi serum penyembuhan dan vaksin.

Mu menyebar luas di Amerika Selatan dan Eropa. “Meskipun prevalensi global varian Mu di antara kasus berurutan telah menurun dan saat ini di bawah 0,1 persen, prevalensi di Kolombia (39 persen) dan Ekuador (13 persen) secara konsisten meningkat,” kata WHO yang dikutip dari republika.co.id.

Menurut WHO, studi lebih lanjut dibutuhkan untuk memahami karakteristik klinis dari Mu. Sebelum Mu, terdapat empat varian Covid-19 yang telah dikenal, yakni beta, alpha, gamma, dan delta. WHO mengungkapkan, varian alpha sudah tersebar ke 193 negara. Sementara, beta ditemukan di 141 negara.

Sebanyak 91 negara menghadapi varian gamma. Kemudian varian yang lebih menular, yakni delta, menyebar di 170 negara. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama