MTQ Tanjung Baru Ditutup Wabup Tanah Datar


 Wabup Tanah Datar serahkan hadiah pada pemenang MTQ. (humas)


BATUSANGKAR-Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di samping sebagai sarana menampilkan hasil pelajaran, juga diharapkan dapat memotivasi masyarakat semakin cinta Alquran serta memahami dan melaksanakan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. 


Hal itu disampaikan Wabup Tanah Datar Richi Aprian saat menutup MTQ IV tingkat Kecamatan Tanjung Baru, Rabu (27/10/2021) di Masjid Baiturrahmah Koto Tuo, Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru. 

"Pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan kegiatan semacam ini, karena sejalan dengan visi dan misi mewujudkan Tanah Datar yang madani berlandaskan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah," ujarnya yang dikutip dari akun Bagian Humas. 

Disebutkan Richi, salah satu bentuk dukungan pemerintah daerah di samping terus mendukung pelaksanan MTQ, juga telah meluncurkan program satu rumah, satu hafiz atau hafizah.

“Dengan program itu, setidaknya 20 sampai 30 tahun ke depan separuh masyarakat Tanah Datar menjadi penghafal Alquran. Akan ada dokter, polisi, tentara, dan bahkan bupati dan wakil bupati yang hafiz atau hafizah,” kata Richi. 

Terkait pelaksanaan MTQ Tanjung Baru, Richi Aprian menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas penyelenggaraan yang aman dan sukses.  

“Keberhasilan dan kesuksesan ini tentu berkat dukungan semua pihak, baik itu tokoh masyarakat, perantau, masyarakat dan juga panitia pelaksana, karena itu izinkan saya sampaikan terima kasih atas kerja keras, termasuk dewan juri yang telah berlaku adil dan rasional,” ujarnya. 

Richi Aprian juga menyampaikan selamat kepada kontingen yang menjadi juara umum dan kepada kafilah yang telah mampu menjadi terbaik di masing-masing cabang lomba.  

“Kepada yang juara, jangan berpuas diri, terus tingkatkan kemampuan agar bisa juga menjadi terbaik di tingkat lebih tinggi. Kepada yang belum berhasil juara, jangan bersedih, terus gembleng dan latih kemampuan untuk kembali bertarung pada kompetisi yang lain,” katanya.

Tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Tanah Datar Zulli Rustam juga menyampaikan selamat atas kesuksesan pelaksanaan MTQ Tanjung Baru.  

“Terima kasih atas kerja sama dan kerja keras panitia kerja serta dukungan masyarakat. Sikap sportivitas kontingen yang berlomba, termasuk dewan juri yang telah bekerja dengan adil,” katanya. 

Panitia pelaksana Khazinatul Israr menyampaikan, pelaksanaan lomba yang dimulai semenjak Senin diikuti 172 peserta dengan berlaga pada tiga cabang lomba.  

“Cabang lomba tilawah dari tingkatan anak-anak, remaja, dewasa dan lansia diikuti 86 peserta. Kemudian cabang tahfiz 47 peserta, serta cabang tartil diikuti 39 peserta,” ujarnya. 

Hasil MTQ, kafilah Nagari Tanjung Alam sebagai Juara Umum dengan total nilai 135 poin, mengalahkan kafilah tuan rumah Nagari Barulak yang hanya mampu mengumpulkan total nilai 44 poin. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama