Simpan Pinjam Keluarga Berencana di Korong Mangur Makin Berkembang

Nazifah Alif 


PADANG PARIAMAN-Simpan Pinjam Keluarga Berencana (KB) Korong Mangur,  Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman semakin berkembang. Perputaran dana berjalan dengan cepat, sehingga banyak warga yang bisa mendapatkan pinjaman.

Hal itu disampaikan Ketua Kelompok Simpan Pinjam Nazifah Alif di kediamannya, Kamis (7/10/2021).  

Dijelaskan, modal awal dari simpan pinjam tersebut, merupakan dana bergulir dari penyuluh keluarga berencana Kecamatan Padang Sago semasa kepemimpinan Bupati Padang Pariaman, Anas Malik sekitar 30 tahun silam. 

Menurut Nazifah, jumlah anggota kelompok sudah terdaftar sekitar 30 orang dan modal yang beredar sama anggota Rp35 juta dan besar pinjaman sudah mencapai Rp5 juta perorang. 

Dikatakannya, setiap peminjam harus bisa melunasi lima kali angsuran dengan cicilan 1x sebulan dengan jasa Rp50.000 satu kali pinjaman,  administrasi Rp40.000 

"Pengurus dalam meminjamkan dana kepada anggota hanya kepercayaan tidak ada ikatan tertulis. Tetapi, Alhamdulillah, dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ujar Nazifah.

 Ditambahkan, saat modal awal Rp200.000, setiap anggota diberikan pinjam Rp15.000 perorang.  Selain itu,  disampaikan Nazifah, saat Idul Fitri, setiap anggota diberikan bantuan dalam menyambut hari raya berupa gula, minyak dan lain sebagainya. (aa)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama