Ada 5.312 Pencari Kerja di Tanah Datar


 Gedung baru BLK Batusangkar diresmikan


BATUSANGKAR-Guna mencapai dan mewujudkan program unggulan Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian, satu persatu dan bertahap berbagai langkah mulai dilaksanakan. 

Salah satunya, untuk mencapai program unggulan menciptakan usahawan baru dan lapangan kerja per tahun, melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Batusangkar untuk lahirkan usahawan baru dan ciptakan lapangan kerja, berbagai pelatihan mulai dari menjahit, boga dan otomotif secara konsisten dilaksanakan.

“BLK sebagai salah satu lembaga pelatihan berbasis kompetensi sangat strategis dalam rangka melaksanakan dan mewujudkan program unggulan Tanah Datar,” kata Richi Aprian, Selasa (2/11/2021) pada pembukaan pelatihan menjahit bed cover serta peresmian pemakaian gedung di Kuburajo, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum. 

Disebutkan Richi, menurut data Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP Naker) tahun lalu tercatat 5.312 pencari kerja. 

“Ada 2.008 orang pencari kerja laki-laki dan 3.304 perempuan dengan jenjang pendidikan SLTA, diploma ataupun S1,” ungkapnya. 

Melihat hal itu, ujar Wabup lagi, guna mendorong peningkatan keahlian dan keterampilan agar mampu membuka lapangan pekerjaan baru, Dinas PMPTSP Naker bersama BLK melaksanakan kegiatan penyiapan tenaga kerja siap pakai. 

“BLK Batusangkar melaksanakan pelatihan boga, souvenir bahkan pelatihan otomotif. Insya Allah ke depan akan tetap dilaksanakan,” ujar Richi yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas.

 Kadis PMPTSP Naker Zarratul Khairi menyampaikan, pelatihan menjahit bed cover akan diikuti 16 peserta selama 15 hari ke depan. 

“Pelatihan menjahit bed cover kali ini sengaja mengambil peserta yang telah ikut pelatihan yang sama dan berpotensi mengembangkan usaha, sehingga keterampilan semakin meningkat, usaha berkembang dan membuka lapangan perkerjaan baru,” ujarnya. 

Untuk gedung BLK yang baru, Zarrattul Khairi menyebutkan, dulunya adalah gudang buku yang kemudian direhab menjadi gedung yang lebih menunjang pelatihan lain.  

“Gedung baru ini ke depan bisa dilaksanakan untuk pelatihan kelistrikan, perbengkelan, otomotif dan lainnya. Khusus otomotif, saat ini pelatihan untuk sepeda motor ke depan kita harapkan juga ada pelatihan untuk mobil,” katanya. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama