Belum Ada Kendala Asesmen Nasional di Payakumbuh


 Jajaran pemko tinjau pelaksanaan asesmen nasional


PAYAKUMBUH-Wali Kota Payakumbuh diwakilkan Asisten I, Dafrul Pasi monitoring pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) tingkat SD dan madrasah yang digelar di SDN 4 dan SD IPHI, Selasa (16/11/2021).


Asisten I Dafrul Pasi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Dasril, Kepala Dinas Komunukasi dan Informatika Junaidi dan Kepala Kantor Kemenag Ramza Husmen. “Hasil monitoring kita di dua sekolah untuk pelaksanaan ANBK tingkat SD berjalan lancar,” kata Dafrul Pasi

Dafrul menjelaskan pelaksanaan ANBK tingkat SD dibagi menjadi dua gelombang, yaitu gelombang I dan II dilaksanakan selama tiga hari yaitu Senin-Rabu (15-18/11) mendatang. 

“Mengingat rata-rata sekolah dasar belum ada fasilitas lengkap, seperti jaringan internet dan komputer,meninjau langsung apa saja yang dibutuhkan dan dapat dibantu pemenuhannya,” kata dia.

Ditambahkan Dafrul, asesmen nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. 

“Asesmen nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan asesmen ini dirancang menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid,” tegasnya.

Asesmen nasional ini dilaksanakan dalam tiga instrumen utama, asesmen kompetensi minimum (liiterasi, numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar. 

“Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi mengatakan, monitoring ANBK bertujuan memastikan pelaksanaan ANBK pada SD tersebut berjalan dengan aman, lancar, sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik. (CAN)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama