BPBD Touna Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrim

 Rusdin 


TOUNA-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tojo Una-Una mengingatkan masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan cuaca ekstrim.


"Cuaca ekstrim dikhawatirkan berakibat bencana,” ungkap Sekretaris BPBD, Rusdin Tamin, Minggu (14/11/2021).

Menurut Rusdin, curah hujan yang tinggi dapat berpotensi bencana banjir dan longsor di beberapa titik rawan bencana. “Seperti ruas jalan trans Kecamatan Ulubongka dan ruas jalan Desa Podi, Kecamatan Tojo,” ujarnya.

Dia mengatakan, longsor diakibatkan kondisi tanah yang labil, sehingga saat musim hujan tiba pasti terjadi longsor hingga mengakibatkan jalanan tertutup.

"Seperti longsor dan banjir yang terjadi di jalur Trans Kecamatan Ulubongka dan jalur Trans Desa Podi, Kecamatan Tojo belum lama ini telah menghambat bagi pengguna jalan,” ujarnya.

Di wilayah itu, kata dia, jalan yang melintasi pegunungan merupakan daerah yang rawan longsor. Diharapkan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan ketika hujan turun, khususnya yang melintasi jalur pengunungan yang rawan longsor.

"Kesiapsiagaan bencana ini tidak hanya pemerintah daerah atau aparatur kecamatan, desa dan kelurahan saja, tetapi juga masyarakat,” jelas Rusdin. (JFR)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama