Gubernur Minta Walinagari Dorong Masyarakat Sukseskan Vaksinasi


 Gubernur foto bersama dengan wali nagari


PADANG-Dalam masa pandemi Ini tidak hanya aspek kesehatan yang terdampak, tetapi juga berpengaruh pada aspek kemanusiaan, sosial dan ekonomi. Perlu sosialisasi yang masif dari seluruh pihak agar masyarakat memahami ancaman dan risiko yang ditimbulkan jika pandemi ini terus melanda.

Hal itu disampaikan Gubernur Mahyeldi pada sosialisasi pencegahan dan pengendalian Covid-19 melalui nagari di Padang, Senin (22/11/2021). "Pembangunan kesehatan pada hakekatnya upaya yang dilaksanakan semua komponen bangsa untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat agar mau berperilaku hidup sehat," ujar gubernur.

Untuk itu, peran wali nagari, kepala desa dan lurah sangat penting dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 terutama dengan cara mensukseskan program vaksinasi dilingkungan masing-masing.

"Nagari, desa dan kelurahan merupakan salah satu garda terdepan dalam mengontrol penyebaran Covid-19. Pemerintah mendorong keterlibatan lurah dan wali nagari lebih ditingkatkan lagi dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19, salah satunya dengan mensukseskan vaksinasi,” ungkap Mahyeldi.

Pemerintah merancang pengendalian Covid-19 dengan berbagai cara, salah satunya melalui pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat, tujuannya merangsang sistim kekebalan tubuh, mengurangi risiko terjadinya penularan, dan jika tertular dampaknya tidak berat serta pencapaian herd immunity atau kekebalan penerapannya kelompok.

“Berbagai upaya dan langkah telah dilakukan tersebut diharapkan dapat menekan penyebaran Covid-19 dan menurunkan angka kesakitan dan kematian,” ujar Mahyeldi.

Gubernur menyebutkan, selain melalui perangkat desa dan nagari, pemprov juga akan mengoptimalkan sosialisasi melalui dasawisma. Gubernur mengharapkan peran walinagari merupakan ujung tombak pemerintah daerah dalam mendorong dan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di Sumbar.

Pemprov menargetkan capaian 70 persen pada akhir 2021. (rls)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama