Hendak Beli Bensin, DPO KKB Ditangkap Satgas


Kepala Satgas Humas Operasi Nemangkawi tunjukkan foto. (humas polda papua)
 


JAYAPURA-Satgas operasi Nemangkawi Papua mengamankan satu DPO anggota KKB Kali I, Yentinus Kogoya yang merupakan anak buah dari pimpinan KKB wilayah Nduga, Egianus Kogoya dan pimpinan KKB wilayah Yahukimo, Tendius Gwijangge di jalur tiga Paradiso, Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo, Selasa (2/11/2021).


Kepala Satgas Humas Ops Nemangkawi-Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal membenarkan penangkapan satu DPO anggota KKB wilayah Nduga dan Yahukimo di kota Dekai, Kabupaten Yahukimo itu.

Menurut Ahmad Musthofa Kamal, kronologis kejadian berawal dari, pada Selasa 2 November 2021, pukul 10.00 WIT, tim berpatroli di seputaran wilayah Kota Dekai-Yahukimo.

"Pada saat patroli, tim menerima laporan dari masyarakat, salah satu kelompok KKB wilayah Nduga dan Yahukimo sedang berada di Dekai," katanya, Rabu (3/11/2021).

Dia menambahkan, setelah mendapat laporan dari masyarakat, tim langsung bergerak cepat dan melakukan penyelidikan di wilayah pemukiman jalur tiga Kota Dekai. Pada saat penyelidikan tim melihat DPO Yentinus Kogoya sedang berboncengan dengan Benius Giban yang hendak membeli bensin.

Kabid Humas Polda Papua itu  mengemukakan, dengan bergerak cepat, tim Operasi Nemangkawi-Papua melakukan penangkapan terhadap Yentinus Kogoya bersama dan Benius Giban. Mereka dibawa ke Reskrim Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan.

"Dari hasil pemeriksaan awal, diketahui Yentinus Kogoya merupakan anggota KKB Nduga dan Yahukimo dan telah berada di Dekai, selama empat tahun dan dirinya bekerja di tambang yang berada di Kali I," katanya.

Ditambahkan, Yentinus Kogoya merupakan salah satu kelompok KKB wilayah Nduga pimpinan Egianus Kogoya,dan pimpinan KKB wilayah Yahukimo, pimpinan Tendius Gwijangge yang berperan sebagai penerjemah, penghubung dan bermain dalam media sosial. Selain itu dirinya juga pernah terlibat dalam acara bakar batu di Kali Braza yang dihadiri kelompok KKB Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangge.

Diketahui, Yentinus Kogoya alias Kumis merupakan anggota KKB Nduga dan Yahukimo. Anggota KKB Yentinus Kogoya ini memiliki dua pemimpin KKB.

"Yentinus Kogoya merupakan DPO Polres Yahukimo sejak Juni 2021," katanya.

Pasca penangkapan yang dilakukan personel tim Operasi Nemangkawi itu, situasi Kamtibmas di Kabupaten Yahukimo aman dan kondusif. "Kegiatan masyarakat berjalan seperti biasanya," kata Ahmad Musthofa Kamal. (farid)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama