Kapolda Tinjau Vaksinasi di Dharmasraya

 Kapolda disambut dengan siriah dalam carano ketika meninjau vaksinasi


DHARMASRAYA-Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa Putra bersama rombongan kunjungan kerja ke Dharmasraya, sekaligus dan memantau langsung Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin), Minggu (14/11/2021).


Kegiatan dipusatkan di halaman kantor bupati. Vaksinasi itu dihadiri Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua DPRD Pariyanto, Kapolres AKBP Anggun Cahyono, Dandim 0310/SSD, Letkol Inf Endik Hendra Sandi dan lainnya.

Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan ucapan terimakasih dan mengaku bangga dengan kedatangan kapolda beserta rombongan, untuk menyaksikan Gebyar Sumdarsin di Dharmasraya.  "Kehadiran Pak Kapolda menjadi motivasi bagi pemerintah daerah, Forkopimda dan juga masyarakat dalam meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19," katanya.

Bupati melaporkan, hingga 13 November 2021, jumlah masyarakat yang telah divaksin telah mencapai 90.020 orang untuk dosis pertama atau sekitar 51,3 persen, dari total 179.257 yang menjadi target sasaran. 

Capaian ini, sebut bupati, didukung 17 fasyankes yang terdiri dari dua RSUD, 14 Puskesmas dan satu klinik polres. Dengan jumlah vaksinator 105 dan 27 calon vaksinator (sedang pelatihan).  Pelaksanaan vaksinasi di lapanga tentu bukan tanpa kendala. Namun dengan kerjasama semua pihak, ia optimis target vaksinasi dapat tercapai.

Kapolda Teddy Minahasa Putra  mengatakan, sinergitas penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat agar bersedia divaksin. Kesadaran masyarakat sangat diharapkan untuk melakukan vaksinisasi agar herd immunity dapat tercapai. Seluruh elemen forkopimda baik wali nagari, camat, polres dan TNI harus disamakan persepsinya.

Dikatakannya, ada tiga kunci utama dalam suksesnya pelaksanaan vaksinasi, bagaimana membuat sadar masyarakat ingin divaksin, bagaimana ketersediaan vaksinator dan ketersediaan vaksinasi. Meski target vaksinasi harus digenjot, namun ia meminta, agar program vaksinisasi sebagai upaya memberikan herd immunity tidak mengurangi tugas pokok dari polisi itu sendiri. "Kita sudah tekankan pada seluruh jajaran Polda Sumbar, agar tugas pokok tetap berjalan sebagaimana mestinya," tegasnya. 

Pihaknya menyakini capaian vaksinasi di Sumbar dapat tercapai di angka 98 persen hingga akhir tahun. Apabila kedala yang dihadapi dapat diantisipasi dan cara bertindak yang tepat. 

Kapolda juga menyerahkan piagam penghargaan pada enam vaksinator dan sembako terhadap peserta vaksinasi. Kapolres AKBP Anggun Cahyono mengatakan, pihaknya akan terus menggenjot kesadaran masyarakat  untuk vaksin lewat Sumdarsin. "Kita terus menggempur pelaksanaan vaksinisasi untuk mencapai target yang telah ditetapkan," tegasnya.(eko)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama