Pengurus IKTD Kota Dumai Dikukuhkan


 Bupati beri selamat pada pengurus IKTD


DUMAI-Bupati Tanah Datar Eka Putra hadiri pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD), Bundo Kanduang Tanah Datar dan Generasi Muda Tanah Datar (Gettar) Kota Dumai periode 2021-2026, Minggu (7/11/2021) di Ballroom Grand Zuri Hotel Kota Dumai. Pelantikan oleh Ketua IKTD Riau Nurzahedi Tanjung.

Selepas pelantikan, Eka Putra berharap ketua dan pengurus IKTD Kota Dumai, Bundo Kanduang dan Gettar yang dilantik semakin mampu mengikat tali silaturahmi dengan seluruh anggota dan kampung halaman. 

“Saya berharap, ketua dan kepengurusan yang baru bisa seiya sejalan dan akur dalam menjalankan dan membesarkan organisasi ini ke depan, serta diharapkan dengan kehadiran kami bisa meningkatkan jalinan jembatan hati dengan pemerintah daerah dan kampung halaman,” ujar Eka yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas. 

Eka Putra menyampaikan ucapan selamat kepada Yuhendri sebagai ketua IKTD Kota Dumai terpilih, Maini Asna sebagai ketua Bundo Kanduang dan Adel Iskosa Darmaja sebagai ketua Gettar.  “Selamat atas amanah yang diemban, semoga ke depan bisa menjadikan organisasi yang dipimpin lebih sukses dan maju lagi,” ujarnya. 

Diungkapkan Bupati Eka, kalau berbicara rantau, ia bersama Wabup Richi Aprian setahun lalu juga merupakan perantau dan ingin mengabdikan diri membangun kampung halaman. 

“Saya merantau di Jakarta dan Pak Richi di Lampung, berkat ridho Allah serta dukungan masyarakat, kami diberikan amanah memimpin di kampung halaman. Karena itu, tentunya sebagai orang baru kami juga sedang meraba-raba dan mempelajari dengan saksama semua tentang Tanah Datar Luhak Nan Tuo ini,” ungkapnya. 

Dalam beberapa waktu menjabat, tambah Eka, melihat berbagai potensi, misalnya meskipun kekayaan sumber daya tambang atau perkebunan tidak kaya, namun dikaruniai Allah SWT dengan keindahan alam yang memesona dengan berbagai keragaman budaya yang luar biasa.

“Insya Allah pada 13 dan 14 November kita akan gelar Festival Pesona Minangkabau yang dipusatkan di Istano Basa Pagaruyung, karena itu di kesempatan ini saya ajak Bapak Ibuk perantau bersama famili dan temannya berkunjung ke Tanah Datar,” ajak Eka. 

Kemudian, kata Eka lagi, dia sangat bersyukur masyarakat di kampung halaman sangat mendukung berbagai program pembangunan yang dilaksanakan baik program pemerintah pusat ataupun program daerah. 

“Dukungan program pemerintah pusat terhadap vaksinasi Covid-19 sudah berjalan baik sehingga kemarin sudah capai angka 40 persen lebih, kemudian dukungan Program Unggulan satu nagari satu iven, juga program satu rumah satu hafiz berjalan baik berkat dukungan kita semua,” kata Eka.

Bupati berharap dukungan perantau berupa saran, kritik dan masukan yang membangun untuk menjadikan kampung halaman kita Tanah Datar lebih baik lagi. 

“Kami membuka peluang selebar-lebarnya pintu investasi ataupun sumbangsih dalam bentuk moril, materil ataupun sumbang saran dan pemikiran di semua bidang untuk kemajuan Tanah Datar,” kata Eka. 

Ketua IKTD Riau Nurzahedi Tanjung menyampaikan ucapan selamat dan mendoakan sukses kepada semua yang dilantik.  “Saya berharap, semangat yang terlihat di awal pelantikan ini bisa dipertahankan sampai masa akhir jabatan, sehingga organisasi berjalan baik dan semakin sukses ke depan,” katanya.

Ketua IKTD Kota Dumai Yuhendri yang juga anggota DPRD menyampaikan, potensi perantau asal Tanah Datar di Kota Dumai cukup banyak.  “Setidaknya ada sekitar 4.000 orang lebih warga kita dengan berbagai profesi. Ada pedagang, pengusaha sampai PNS,” ujarnya. 

Dengan potensi itu, tambah Yuhendri, anggota IKTD yang telah menjadi warga Dumai tentu komit membantu program pemerintah kota Dumai.  “Sesuai pepatah Minang, Dima bumi dipijak, di sinan langik di junjuang, menjadikan kita tentunya harus mendukung pemerintahan, karena itu kita harapkan arahan dan bimbingan pak Walikota bersama jajaran,” sampainya. 

Walikota Dumai Paisal mengungkapkan, keberadaan IKTD mempunyai peranan yang baik untuk mendukung pemerintah kota.  “Insya Allah, beberapa waktu ke depan peranan anggota IKTD akan lebih kuat, di mana potensi PNS akan dilibatkan menjadi kepala dinas di pemko untuk menjalankan program pemerintah yang bertujuan menciptakan kesejahteraan semua masyarakat,” pungkasnya. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama