Terhenti Akibat Pandemi, TTIC Hadir Lagi di Tanah Datar

 Ketua Tim Penggerak PPK, Lise Eka Rutra resmikan TTIC. (prokopim)



BATUSANGKAR-Program Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang terhenti akibat Pandemi Covid-19 kembali dibuka Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Ketua Tim Pengggerak PKK, Lise Eka Putra di kantor Dinas Pangan dan Perikanan, Jumat (19/11/2021).


Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi kepada TTIC yang dibuka setiap Jumat itu, karena bertujuan memutus pasok pemasaran sehingga harga produk murah tanpa mengurangi kualitasnya.  “TTIC hadir menjaga stabilitas harga guna menahan laju inflasi daerah,” ujarnya.

Tentunya ke depan, tambah bupati, TTIC akan hadir di tempat masyarakat umum juga bisa berbelanja.  "Saya harap, dengan bantuan Dinas Pangan Sumatera Barat, kalau bisa mobil jualan keliling, TTIC bisa hadir di 14 kecamatan Tanah Datar," harap Eka. 

Eka Putra berharap ASN ataupun masyarakat umum memanfaatkan TTIC yang diprakarsai Dinas Pangan dan Perikanan.  "Ayo, manfaatkan TTIC ini dengan langsung berbelanja ke lokasi yang telah ditentukan, sehingga kita secara langsung telah membantu petani dan juga peningkatan perekonomian kita," tukasnya. 

Pelaksana kegiatan, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Hilmi mengatakan, kegiatan ini sudah pernah diluncurkan pada Agustus 2019 lalu.

"Selepas diluncurkan, kita dilanda pandemi Covid-19. Saat ini setelah kasus Covid-19 melandai dan izin Pak Bupati, hari ini kita buka kembali TTIC ini," ujarnya. 

Disebutkan Hilmi, TTIC akan mampu memutus rantai pasok pangan atau Supply chain yang berpengaruh terhadap harga jual hasil tanam. 

"Rantai pasok pangan yang awalnya 8-9 pihak, dengan TTIC bisa menjadi 3-4 pihak saja, sehingga harga juga bisa turun atau lebih murah 30 persen," katanya. 

Sejalan hal itu, kata Kadis Pangan Sumbar diwakili Kepala UPTD Distribusi Pasokan dan Akses Pangan Amalia menyampaikan, TTIC juga menjadi salah satu program di Dinas Pangan Sumbar. 

"Kita gelar TTIC ini di berbagai tempat di Padang, namun untuk daerah baru Tanah Datar yang kami kunjungi, ini kami apresiasi dan ke depan kami siap membantu untuk sukseskan TTIC di Tanah Datar," katanya yang dikutip dari Prokopim Tanah Datar.  (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama